Cara Membuat Tempe Sendiri di Rumah, Puas dan Enak!

Pabrik Tahu Tempe
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Cara membuat tempe ternyata bisa diolah dengan sesederhana mungkin dan mudah dilakukan sendiri di rumah. Jika sebagian orang beranggapan, untuk apa membuat tempe sendiri di rumah sedangkan di pasaran banyak yang menjajakan bahan makanan satu ini.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Tapi nyatanya, untuk sekadar mengetahui cara membuat tempe tradisional itu perlu untuk kita lakukan dan coba praktikkan sendiri di rumah. Olahan dari fermentasi kacang kedelai ini sebenarnya sangat mudah dibuat dengan berbagai proses yang harus dilewati.

Dalam proses pembuatan tempe tradisional ini, Anda hanya diperlukan kesabaran hingga proses fermentasi tempe bisa berhasil sesuai dengan harapan. Memang terlihat rumit dan buang-buang waktu, tapi jangan salah dengan mencoba membuat tempe sendiri di rumah bisa memberikan kepuasan tersendiri.

Review Negatif Makanan, Seorang Wanita Terancam Denda Puluhan Miliar!

Tempe.

Photo :
  • U-Report

Dan pastinya bisa jauh lebih higienis dengan bahan-bahan berkualitas dan aman. Tempe sendiri merupakan, salah satu bahan makanan yang kaya akan sumber protein. Berbahan dasar kedelai membuat jenis bahan makanan satu ini kaya akan protein. Tak dipungkiri, bahan makanan tempe sudah begitu populer di seluruh lapisan masyarakat hingga dunia.

Sejarah Ketupat yang Menjadi Menu Paling Populer Saat Hari Raya Idul Fitri

Hal tersebut dikarenakan, tempe bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang sederhana hingga mewah sekalipun. Tempe sering kali disajikan sebagai makanan favorit keluarga Indonesia, mulai dari olahan lauk hingga sayuran serta tumisan.

Untuk bisa menciptakan kepuasan tersendiri, cara membuat tempe di rumah rasanya bisa kita coba dan praktikkan. Dengan begitu, Anda bisa memadupadankan bahan dan cita rasa yang sesuai dengan keinginan Anda.

Ternyata, ada banyak cara yang bisa digunakanuntuk membuat makanan berbahan dasar kedelai ini. Mulai dari menggunakan duan jati, daun pisang, hingga kertas sekalipun.   Tak dipungkiri, di zaman yang semakin canggih seperti sekarang ini ada pula yang memanfaatkan anyaman bambu untuk proses pembuatan tempe. Lantas, bagaimana cara membuat tempe sendiri di rumah? Simak selengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Tempe 

Tempe.

Photo :
  • Pixabay/ Bintang_Galaxy

1. Cara Membuat Tempe Tradisional

Terdapat suatu cara membuat tempe tradisional yang mudah yang dikutip dari buku Cara Pembuatan Tahu dan Manfaat yang ditulis oleh Eko Purwaningsih (2007: 35). Bahan-bahan yang diperlukan sangatlah mudah. Adapun berikut ini cara membuat tempe tradisional ala kadarnya.

Bahan-bahan:

-  Kedelai
- Inokulum Bubuk (laru tempe)


Cara Membuatnya:

1. Pertama, bersihkan kedelai dari kotoran yang tak diinginkan. Kemudian, rebus kedelai di air selama 30 menit. 2. Setelah direbus, kedelai dikupas kulitnya dan diinjak-injak dalam air. 
3. Cuci kembali kedelai dan direndam dalam air pada suhu kamar selama 22–24 jam (semalam).
4. Setelah didiamkan semalaman, kedelai direbus kembali selama 1 jam menggunakan air perendamnya dan ditiriskan. 5. Diamkan hingga dingin, kemudian kedelai diinokulasi dengan inokulum bubuk (laru tempe) dengan perbandingan 1 gram laru: 1 kg kedelai.
6. Kedelai yang sudah diinokulasi, dibungkus dengan daun. pisang atau plastik berlubang-lubang dan diinkubasi (dibiarkan) pada suhu kamar selama 40–48 jam.
7. Setelah diinokulasi, tempe diiris-iris setebal 2,5 cm, kemudian dikukus pada suhu 100 ºC selamat 10 menit. 
8. Kemudian, tempe dikeringkan menggunakan oven pada suhu 70 ºC selama 6–10 jam, supaya dapat awet.
9. Jika akan digunakan, tempe kering harus direkonstruksi dengan cara direndam menggunakan air panas (90–100 ºC) selama 5–10 menit.

2. Cara Membua Tempe Sederhana

Bahan-bahan: 
- Biji kedelai 2 kg
- Ragi Tempe 1 sdt

Cara membuat:
Pertama, kedelai dicuci dengan air mengalir hingga bersih, kemudian rendam kedelai selama 5 jam.
2. Setelah selesai direndam, lalu cuci kembali rendaman kedelai sampai bersih.
3. Selanjutnya, rebus rendaman kedelai yang telah dicuci bersih selama 30 – 45 menit, setelah itu rendam selama satu malam Langkah berikutnya, kupas kulit ari kedelai yang telah direndam semalam dengan menggunakan tangan atau memanfaatkan mesin, setelah itu cuci hingga bersih.
4. Kukus selama 20 menit, kemudian angkat dan dinginkan sejenak lalu taburi ragi temped an aduk hingga rata.
5. Setelah itu, bungkus kedelai dengan menggunakan daun pisang maupun plastik, sesuai yang diinginkan.
6.Proses fermentasi pun akan membutuhkan waktu 2 hari dengan suhu ruangan normal.Jika kacang kedelai sudah tertutup oleh jamur secara merata, maka tempe sudah matang dan siap diolah menjadiberbagai hidangan.

3. Cara Membuat Tempe Daun Pisang

Bahan-bahan:
- 50g kacang kedelai
- 1/2 sdt ragi tempe
- Daun pisang, untuk membungkus
- Tusuk gigi

Cara membuat:
1. Persiapkan kedelai yang sudah dilakukan proses pemilihan dengan kualitas baik dengan kondisi bersih, supaya rasa dari tempe akan tetap terjaga.
2. Rebus kedelai dengan air mendidih. Proses perebusan kedelai biasanya membutuhkan waktuk selama 1 jam agar benar-benar matang. Setelah kedelai melalui proses perebusan, lanjutkan ke proses pendinginan.
3. Cara untuk mendinginkannya yaitu dengan menaruh rebusan kedelai pada wadah ember dan air bekas rebusan tidak usah melakukan penggantian air.

4.  Cara Membuat Tempe Praktis

Bahan-bahan: 
- 400 gr kacang kedelai
- 1/2 sdt ragi tempe

Cara membuat:

1. Pertama bersihkan kacang kedelai dengan air mengalir, lalu rendam dalam wadah berisi air. Biji kedelai yang kualitasnya tidak baik akan mengapung, pisahkan bagian tersebut.Kemudian rendam semalaman atau minimal 8 jam. 2. Setelah itu remas-remas hingga kulit arinya terkelupas bersih.Siapkan panci, rebus kacang dalam air mendidih selama kurang lebih 20- 60 menit. Jika sudah angkat dan saring, lalu tiriskan hingga benar-benar kering.Pindahkan biji kedelai ke wadah lebar, bisa juga menggunakan tempe.
3. Biarkan hingga biji kedelai mencapai suhu ruang serta benar-benar kering.Kemudian taburi ragi pada kedelai yang sudah kering, lalu aduk hingga merata ke seluruh bagian.
4. Siapkan daun pisang dengan ukuran sesuai selera, kemudian masukkan biji kedelai, lalu bungkusnya ditusuk dengan tusuk gigi secara merata. 
5. Jika menggunakan plastik, sama juga tusuk-tusuk permukaan plastik tersebut. 
6.Simpan tempe mentah di dalam rak atau wadah yang memiliki sirkulasi udara baik. Lalu tutupi dengan kain bersih, dan pastikan tidak terkena sinar matahari.
7. Diamkan selama minimal 2-3 hari sebelum tempe siap untuk dimasak dan dikonsumsi.

Cara Membuat Ragi

Agar lebih terjamin dan sehat, Anda bisa membuat ragi sendiri di rumah. Ragi ini selalu segar dengan menggunakan bahan-bahan yang aman dibandingkan ragi instan.

Bahan-bahan:
- Beras 300 gr
- Tepung tempe 3 gr
- Tepung beras yang digoreng sangrai

Peralatan:
- Alat pengukus
- Tampah bambu
- Pengaduk kayu
- Daun pisang atau lembaran plastic
- Alat penumbuk atau penggiling
- Alat untuk mengayak tepung
- Wajan
- Kantong plastik

Cara membuat:
1. Cuci bersih beras, masak sampai menjadi nasi kemudian dinginkan.                                                                2.Letakkan nasi di atas permukaan tampah yang bersih secara merata.Taburkan tepung tempe pada nasi.          3. Aduk rata, tutup dengan daun pisang atau plastik.                                                                                    4.Biarkan terfermentasi sampai semua permukaan nasi ditumbuhi jamur berwarna hitam (daun atau plastik kadangkala perlu dibuka agar embun tidak menetes ke atas nasi).                                                                            5.Jemur nasi berjamur sampai kering.                                                                                                                        6.Blender sampai menjadi tepung halus kemudian diayak.Campur ragi dengan tepung beras sangrai (kira-kira 10 g ragi untuk mencampur 50-100 g tepung beras), aduk rata.Kemudian kemas dalam kantong plastik, ragi siap digunakan.

Nagita Slavina

Netizen Kritik Adab Nagita Slavina Kasih Bekas Makanan dari Gigitannya ke Karyawan RANS

Nagita Slavina lalu menikmati makanan tersebut dan mengungkapkan kesukaannya terhadap camilan itu.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024