Ternyata, Minum Air Setelah Makan Semangka Berbahaya

Ilustrasi makan buah/semangka
Sumber :
  • Pexels/Kristina Paukshtite

VIVA – Semangka tidak hanya rendah kalori tapi juga memiliki rasa manis alami, sehingga sangat cocok dijadikan alternatif makanan sehat jika mengidam gula. Semangka juga menjadi salah satu buah paling menghidrasi yang harus dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi. 

Sering Diabaikan, Ini Pentingnya Makanan Berserat

Kamu mungkin pernah mendengar orangtua atau siapapun menyarankan untuk tidak minum air selama beberapa waktu setelah mengonsumsi semangka. Lalu, apakah minum air setelah makan semangka benar-benar berbahaya atau hanya mitos belaka?

Dilansir Times of India, Jumat 6 Mei 2022, semangka merupakan buah favorit di musim panas dan mengandung likopen dalam jumlah banyak. Ini adalah karotenoid yang memberikan warna merah pada semangka yaitu antioksidan dominan yang memiliki manfaat kesehatan luar biasa. 

Menguak Manfaat Ajaib Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Zat tersebut mampu mendetoksifikasi dengan membuang radikal bebas yang ada dalam tubuh. Dengan demikian akan mencegah kerusakan sel. Buah berair ini juga dikemas dengan tiamin, roboflavin, niasin, vitamin B6, folat, asam pantotenat, magnesium, fosfor, kalium, seng, tembaga, mangan, selenium, kolin dan betaine. 

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Karolina Gabrowska
Gampang Kenyang Padahal Baru Makan Sedikit Ternyata Bukan Kondisi Normal, Ini Sebabnya

Namun, semangka sudah mengandung banyak air dan mengonsumsi lebih banyak air dapat menyebabkan kembung bahkan akan melarutkan cairan pencernaan yang ada di perut. Menurut ilmu pengobatan Ayurveda, hal ini dapat mengganggu proses pencernaan yang teratur, bahkan mengganggu keseimbangan chakra dalam tubuh. 

Beberapa orang bahkan akan merasa tidak nyaman jika langsung minum air setelah makan semangka. Karena menunda proses pencernaan, masalah seperti keasaman mungkin akan muncul. 

Meski belum ada bukti ilmiah mengenai hal ini, namun lebih baik menghindari minum air beberapa waktu setelah makan semangka. Orang dengan masalah perut atau perut sensitif, harus menghindari minum air minimal 40-45 menit setelah mengonsumsi semangka. 

Agar lebih aman, minumlah air minimal 20-30 menit setelah makan semangka. Jika kamu merasa haus, kamu bisa minum satu atau dua teguk air tetapi jangan meneguk segelas air langsung usai mengonsumsi semangka. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya