5 Makanan Khas Pemalang, Ada yang Harganya 2 Ribu Murah Banget!

Sego Sedan Ijo
Sumber :
  • VIVA/Trisya Frida

VIVA – Setiap daerah di Tanah Air memang memiliki makanan khasnya masing-masing dengan rasa yang beragam. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat pun tentu ada. Salah satunya seperti makanan khas Pemalang yang pada kali ini akan kita bahas dan ulas bersama. 

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

Pemalang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah dan menjadi kota yang cukup memiliki berbagai makanan khasnya. Terkadang sebagian orang masing menganggap bahwa Pemalang sama dengan Malang yang ada di Jawa Timur, namun keduanya sebenarnya berbeda. Lantas apa saja makanan khas Pemalang? Simak penjelasan berikut ini.

1. Nasi Grombyang

Fakta-fakta Menarik tentang Pakistan, Negara dengan Jumlah Muslim Terbesar di Dunia

Nasi Grombyang.

Photo :
  • U-Report

Selanjutnya ada Nasi Grombyang yang menjadi makanan khas Pemalang dan bisa kamu cicipi saat melancong. Nasi Grombyang ini merupakan nasi yang dilengkapi dengan irisan daging kerbau dan siraman kuah yang rasanya lezat dan khas. Disebut dengan nama grombyang (bahasa Jawa) karena kuahnya yang penuh dan membuat isiannya menjadi bergoyang-goyang. Nasi Grombyang ini disajikan di mangkuk yang kecil dan harganya berkisar belasan ribu saja, jadi siap-siap untuk nambah!

Membanggakan! 5 Makanan dan Minuman Indonesia Sukses Pikat Hati UNESCO, Terbaru Ada Jamu

2. Sego Sedan Ijo

Sego Sedan Ijo

Photo :
  • VIVA/Trisya Frida

Makanan khas Pemalang pertama yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang yakni adalah Sego Sedan Ijo. Nama makanan khas ini diambil dari bentuknya yang dibungkus mirip seperti mobil sedan. Sedan Ijo ini merupakan nasi yang dilengkapi dengan lauk seperti sayur urap, tempe orek basah dan bakwan yang dibalut dengan daun pisang berwarna hijau. Harganya pun terbilang masih sangat murah yakni hanya Rp2 ribu saja per porsinya, murah sekali bukan di zaman sekarang ini? Biasanya Sego Sedan Ijo ini banyak ditemui di Desa Kepuh, Ampelgading, Kabupaten Pemalang. 

3. Kraca

Kraca

Photo :
  • Instagram @pemalangfoodgram

Ada juga Kraca, keong yang dimasak dengan bumbu rempah khas sebagai makanan khas Pemalang yang selanjutnya. Seperti yang diketahui di Pemalang sendiri adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang masih memiliki banyak sekali sawah. Dari sawah itulah banyak ditemukan keong yang bisa dimasak dan dikonsumsi seperti Kraca. Makanan Kraca ini memiliki rasa yang khas dan unik sehingga bisa kamu cicipi jima sedang melancong ke Pemalang. 

4. Lotek

Lotek

Photo :
  • U-Report

Lotek menjadi salah satu yang termasuk menjadi makanan khas Pemalang dan bisa dicicipi. Makanan lotek ini sekilas memang mirip dengan pecel sayur pada umumnya. Namun ternyata berbeda karena sayurannya tidak dicampur dengan bawang putih, daun jeruk dan kencur sehingga rasanya berbeda. 

5. Wajik

Wajik

Photo :

Makanan khas dari daerah Pemalang terakhir ada Wajik yang memiliki bentuk unik dan tekstur yang agak keras. Meskipun begitu rasanya tetap enak dan wajib kamu cicipi saat melancong ke Pemalang. Nama wajik diambil dari kartu wajik karena bentuknya yang segi empat. Wajik ini terbuat dari campuran beras ketan, gula jawa dan parutan kelapa kemudian dipotong menjadi segi empat. 

Itulah sejumlah makanan khas dari daerah Pemalang yang bisa menjadi referensi dan kamu coba saat sedang liburan atau bahkan pulang kampung. Semoga tulisan ini dapat membantu bagi yang membutuhkan referensi dan bermanfaat bagi pembacanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya