Resep Kuah Bakso Sapi yang Gurih, Wangi dan Mudah Dibuat

Ilustrasi bakso.
Sumber :
  • Instagram @bonanzabeef.id

VIVA – Resep kuah bakso sapi mungkin sering dicari orang. Karena beberapa orang memang lebih suka membuat kuah bakso sapi sendiri, karena lebih sehat dan enak. Bahkan beberapa orang mencari resep kuah bakso sapi yang enak untuk tujuan komersil membuka usaha. Tak ada salahnya. 

3 Resep Bakso Daging Sapi Bisa Jadi Pilihan Masak Daging Kurban

Apalagi, bakso sapi adalah hidangan yang sangat diminati masyarakat Indonesia. Dengan rasa yang gurih, kaya rempah, mengenyangkan dengan harga yang tidak terlalu mahal menjadi daya tarik bakso sapi. Bakso sapi memang banyak dijual, namun membuat kuah bakso sapi sendiri tak ada salahnya. 

Selain bisa menakar dan membuat sendiri rasanya, tentu bahan yang dipilih lebih sehat. Maka dari itu, banyak yang memilih untuk membuat resep kuah bakso sapi sendiri. 

Nikmatnya Menyantap Mie Ayam dan Bakso Khas Lampung

Resep kuah bakso sapi yang banyak dicari biasanya yang memiliki rasa gurih, warna bening, dan harum yang menggoda. Namun, bagaimana resep kuah bakso sapi yang enak? Simak 3 resep kuah bakso sapi yang dirangkum oleh Viva beriku ini. 

Resep Kuah Bakso Sapi 

Bakso Abang-abang Versi Hotel Bintang Lima, Seperti Apa?

1. Dengan Tulang Sapi 

Bakso Malang Gangsar

Photo :
  • Instagram @@darihalte_kehalte

a. Pertama, siapakan bahan - bahan sebelum membuat kuah bakso sapi. Bahan yang harus disiapkan adalah bahan-bahan: 1/2 kg daging sapi yang telah dipotong, tulang sapi secukupnya, 100 gram tepung sagu/tapioka, 1/2 butir putih telur, 4 bawang putih, digoreng dan dihaluskan, 150 gram es batu, 1/2 sdt lada putih, 1/4 sdt baking powder, garam, penyedap rasa dan gula pasir secukupnya. 

b. Setelah bahan semua siap, lanjutkan ke tahap ke dua yaitu membuat bakso sapi. 

Caranya, bersihkan daging sapi, buang lemak yang menempel, lalu potong menjadi bagian kecil. Masukkan daging tersebut dan es batu kedalam food processor atau blender, giling hingga halus. Setelah itu, tambahkan bawang putih yang sudah digoreng, putih telur, garam, gula dan merica. Haluskan. 

Masukkan baking powder dan tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit dan aduk rata. Lalu, panaskan air hingga mendidih kedalam panci kemudian matikan api. Tunggu hingga air tidak terlalu panas, kemudian bentuk bakso dengan menggunakan sendok dan tangan, bulatkan. Masukkan bakso ke dalam air, lanjutkan sampai adonan bakso habis. Rebus air tadi beserta bakso di dalamnya. Tunggu hingga bakso mengapung yang menandakan bakso telah matang. Angkat dan masukkan ke dalam wadah atau baskom yang berisi air es. Tiriskan.

c. Membuat kuah bakso dengan tulang sapi, didihkan air dan masukkan tulang sapi ke air yang mendidih. Tambahkan bawang putih goreng, sedikit kaldu jamur, garam, gula pasir dan lada putih. Aduk. Koreksi rasa, dan rebus tulang sapi hingga tercium aroma wangi. Setelah siap, masukkan bakso ke dalam kuah bakso tersebutz Sajikan bersama. 

2. Dengan Iga Sapi

Bakso Sapi

Photo :
  • junaja82.files.wordpress.com

Untuk para pecinta iga sapi, simak resep bakso kuah sapi dengan menggunakan iga sapi berikut ini. 

a.  Pertama, siapkan bahan-bahannya yaitu : bahan bakso seperto di atas, atau bisa gumakan bakso siap pakai, 1/2 kg iga sapi, 6 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 3 butir kemiri, garam secukupnya, kaldu sapi bubuk non-msg secukupnya, dan 1 sdm olive oil

b. Tahap kedua adalah menyiapkan iga yang akan digunakan untuk membuat kuah. Pertama, bersihkan iga sapi untuk pembuatan kaldu. Lalu didihkan air dan masukkan iga sapo. tunggu sampai mendidih. Sambil menunggu iga sapi mengeluarkan sari sarinya, haluskan bumbu yang akan dimasukkan ke kuah, yaitu bawang putih, bawang merah, kemiri, dan merica bubuk.

Tumis bahan tersebut menggunakan olive oil untuk rasa yang lebih kaya, jika tidak ada, gunakan minyak biasa. Tumis hingga harum dan warna sedikit berubah. Setelah matang, masukkan bumbu tersebut ke dalam rebusan iga. Tambahkan garam dan kaldu non MSG. 

Aduk hingga rata. Lalu, masukkan bakso yang sudah dibuat, lalu tunggu sebentar. Aduk lagi hingga rata, matikan api. Koreksi rasa lalu bakso dengan kuah sapi iga siap dinikmati. 

Bakso Solo warung

Resep Kuah Bakso Solo, Bikin Kenyang dan Menghangatkan di Musim Penghujan

Di Kota Solo sendiri yang kaya kuliner berbahan dasar gaging, utamanya berbentuk bulat dengan perpaduan kuah mantap alias bakso. Kali ini resep kuah bakso solo yang khas.

img_title
VIVA.co.id
9 November 2022