10 Makanan Tradisional Swiss yang Lezat dan Populer

Polenta
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Negara Swiss sarat dengan resep lezat yang membuat kita ngiler hanya dengan melihatnya. Swiss memiliki 26 kanton, jadi tidak mengherankan jika kamu akan menemukan begitu banyak pilihan dalam makanan tradisional Swiss. Melansir dari situs Study in Switzerland, berikut makanan yang paling terkenal di Swiss.

Pantau Hotel & Dapur di Madinah, Menag Pastikan Fasilitas Layanan Jemaah Lansia

1. Fondue

Gorgonzola Cheese Fondue

Photo :
  • facebook.com/pages/Epilogue-Restaurant
IISM dan Indonesia Cold Chain Expo 2024 Tawarkan Inovasi Teknologi Rantai Pasokan Bisnis makanan

Fondue adalah hidangan keju cair Swiss yang disajikan dalam panci bersama di atas kompor portabel yang dipanaskan dengan lilin atau lampu spiritus. Fondue dimakan dengan mencelupkan roti ke dalam keju menggunakan garpu bertangkai panjang. 
Resep termudah untuk fondue Swiss adalah mencampur anggur, bawang putih, dan jus lemon dalam panci keramik dengan api sedang-rendah, atau dapat menggunakan panci yang berat sebagai gantinya. Kemudian, menambahkan keju ke dalam cairan mendidih sedikit demi sedikit, aduk rata di antara setiap penambahan untuk memastikan fondue yang halus. 

2. Tart dan Quiches

SKYEGASM Senses Experience: Sensasi Kulineran Padukan Rasa, Aroma, Sentuhan dan Pandangan

Tart dan Quiches

Photo :
  • studyinginswitzerland

Quiche dan kue tar keju Swiss hanya terkait secara dangkal. Keduanya memiliki kue, keju, dan puding; Namun, quiche benar-benar tentang custard, sedangkan tart Swiss lebih tentang keju. Tart keju Swiss tersedia dalam berbagai ukuran, namun yang kecil lebih mungil dan bahkan enak dipandang. 
Kamu dapat mengambil dan memakannya dengan gaya piknik. Kue tar keju kecil terlihat begitu ceria dan lezat di piring kecil yang cantik. Quiches juga bisa diisi dengan ikan, daging, atau sayuran, sedangkan tart bisa diberi topping dengan rasa yang berbeda dari bawang hingga apel manis. Hidangan ini khas untuk peringatan dan ulang tahun.

3. Landjager

Landjager

Photo :
  • pixabay

Camilan tradisional Swiss ini disiapkan dengan kombinasi daging babi, sapi, lemak babi, anggur merah, gula, dan rempah-rempah pilihan. Nama landjäger berarti pemburu tanah, mengacu pada fakta bahwa sosis ini sangat nyaman dan populer di kalangan backpacker dan pemburu yang membawanya saat bepergian.

4. Alplermagronen (Makaroni Alpen)

Alplermagronen

Photo :
  • pixabay

lplermagronen atau seperti yang diterjemahkan 'makaroni Alpine' adalah hidangan pedesaan Swiss. Disebut demikian karena bahan yang digunakan untuk membuat hidangan tersebut digunakan untuk memberi makan para gembala yang mengawasi sapi-sapi mereka yang sedang merumput di padang rumput Alpen. 
Sejak itu, di tahun 1930-an, hidangan ini adalah salah satu pilihan makanan tradisional Swiss yang paling lezat. Bahan utama yang digunakan termasuk pasta makaroni, keju, bawang, dan kentang, meskipun ada banyak variasi klasik Swiss ini.

5. Raclette

Raclette

Photo :
  • Food Beast

Raclette adalah keju semi-keras yang terbuat dari susu sapi Alpine. Secara historis, itu telah menjadi makanan utama para petani yang tinggal di wilayah Valais. Seluruh roda keju akan diangkat di depan api, dan saat keju meleleh, keju digoreskan ke piring untuk dimakan. Jadi, namanya berasal dari kata Prancis racler, yang berarti, mengikis. Saat ini, irisan raclette dilelehkan dan ditemani dengan kentang kecil yang dimasak di kulitnya, bawang bombay, acar ketimun, dan sayuran. Raclette sering dikenal sebagai pilihan makanan tradisional Jenewa.

6. Rosti

Rosti

Photo :
  • Twitter @tony_scala

Secara lokal dikenal sebagai rööschti, hidangan Swiss ini sebagian besar terdiri dari kentang tetapi dalam gaya gorengan. Awalnya, itu dulunya adalah hidangan sarapan yang secara historis dimakan oleh para petani di kanton Bern. Itu sebabnya namanya awalnya röstis bernois. Namun, saat ini, dimakan di seluruh Swiss. 
Kentang Rosti dikenal sebagai panekuk kentang klasik versi Swiss. Rahasia rosti yang sempurna adalah memasak sisi pertama yang ditutup dengan penutup atau foil hingga renyah, kemudian dengan hati-hati membalik dan memasak sisi kedua tanpa penutup hingga keemasan sempurna.

7. Saffron risotto/Risotto kunyit

saffron

Photo :
  • U-Report

Tahukah kamu bahwa kualitas Saffron Swiss termasuk yang terbaik dan termahal di dunia? Untaian safron merah tua, stigma dari berbagai crocus dipetik dengan tangan, dan itulah mengapa risotto safron sangat diminati. Orang Swiss memanfaatkan bahan unik yang mereka tanam di kanton Valais ini dengan baik. Risotto kunyit terutama dikenal sebagai hidangan tradisional Ticino dan biasanya disajikan dengan sosis Luganighe, sosis mentah yang dibuat dengan daging babi, rempah-rempah, dan anggur merah. 

8. Malakoff

Malakoff

Photo :
  • studyinginswitzerland

Malakoff adalah bola keju goreng yang biasanya ditemukan di Swiss Barat, lebih khusus lagi di desa Eysins, Begnins, Bursins, Luins, dan Vinzel di tepi Danau Jenewa. Resepnya dibawa oleh tentara bayaran Swiss yang bergabung dalam Perang Krimea di bawah pasukan Prancis-Inggris yang berperang melawan Rusia. 
Roti keju Swiss ini secara khusus dinamai setelah pertempuran besar Malakoff yang mengakibatkan jatuhnya Sevastopol, sehingga mengakhiri pertempuran. Malakoff biasanya disajikan sebagai hidangan pertama dan dinikmati dengan disajikan cornichons, acar bawang, dan mustard. Tentunya, anggur adalah pendamping terbaiknya!

9. Polenta (Tepung Jagung)

Polenta

Photo :
  • pixabay

Polenta adalah hidangan tepung jagung kuning yang dimasak dengan api kecil sampai menjadi tumbukan homogen yang lezat. Selain chestnut dan risotto, hidangan ini juga termasuk makanan tradisional petani Ticino. Itu bisa dimakan dari mangkuk atau ditaburkan di papan kayu, didinginkan, dan dipotong dengan seutas benang tipis. 
Kamu bisa menyajikannya dengan mentega, keju, semur, saus, atau hanya sedikit susu dingin. Dulu dianggap sebagai makanan untuk orang miskin, tetapi sekarang polenta pada dasarnya adalah hidangan pengenal dari masakan tradisional Swiss.

10. Zurcher Geschnetzeltes

Zurcher Geschnetzeltes

Photo :
  • pixabay

Zurich Ragout, atau Zürcher Geschnetzeltes, adalah resep rebusan dalam saus putih, dibuat dengan jamur dan anggur putih. Ini mengandung banyak perasa khas Jerman, termasuk peterseli dan kulit lemon. Daging sapi muda secara tradisional digunakan, tetapi daging babi dapat diganti. Biasanya disajikan dengan Rosti (Swiss Hash Browns) dan anggur putih Swiss (atau coba Pinot Grigio atau Grüner Veltliner). 
Zurcher Geschnetzeltes pertama kali disebutkan dalam sebuah buku masak dari tahun 1947. Resep itu menjelaskan bahan-bahannya sebagai irisan daging sapi muda, anggur putih, krim, dan demiglace. Beberapa resep kontemporer mungkin juga membutuhkan jamur dan irisan daging sapi muda.

Itulah beberapa makanan tradisional yang lezat di Swiss yang paling terkenal. Kamu harus kamu cob ajika berkunjung ke Swiss.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya