10 Makanan Khas Bali yang Populer dan Disukai Bule

Nasi Campur Bali
Sumber :
  • Beno Junianto/VIVA.co.id

VIVA Lifestyle – Tak hanya pesona alam dan budayanya saja yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung, Bali juga memiliki makanan yang lezat dan dikenal luas hingga dunia. Makanan khas Bali memang sangat unik dan menggunggah selera. Sehingga, tak lengkap rasanya jika tak mencicipi makanan khas Bali jika berkunjung ke pulau Dewata ini. 

3 Drama Populer Han So Hee yang Wajib Ditonton

Sebagai informasi, makanan Bali ini berasal dari perpaduan budaya China, India, dan Timur Tengah. Sebab itu makanan khas Bali tak lepas dari ketiga budaya tersebut. Berikut kami sajikan beragam makanan khas Bali yang telah mendunia.

1. Sate Lilit

Lucu dan Unik, Ini 7 Topi Paling Populer Sepanjang Sejarah

Sate lilit ayam.

Photo :
  • Cookpad/Susan Mellyani

Sate merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sudah mendunia. Begitu juga dengan sate lilit asal Bali. Sate lilit ini menggunakan daging ayam atau ikan yang sudah digiling kemudian di kepal pada batang serai. Namun ada juga yang menggunakan bambu sebagai media tusuk. Daging yang digunakan ini dicampur dengan kelapa parut yang membuat cita rasa makin gurih.

Keren Banget, Ed Sheeran Nyanyikan 28 Lagu Non Stop Saat Konser di Jakarta

2. Ayam betutu

Proses memasak Ayam Betutukhas Bali

Photo :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti

Bali juga memiliki makanan ayam yang khas yaitu ayam betutu. Makanan ini khas dari Gilimanuk, berupa ayam yang dimasak dengan rempah pedas dalam waktu yang lama, sehingga menghasilkan aroma harum dan empuk. Meski berasal dari Gilimanuk, kamu bisa menemukan makanan ini disekitar Pulau Bali dan sekitar area wisata.

3. Nasi Campur Bali

Nasi Campur Bali.

Photo :
  • ISMAYA

Nasi campur Bali adalah salah satu makanan yang cukup populer. Bahkan, nasi campur Bali sudah beredar di beberapa lokasi Jakarta seperti Pantai Indah Kapuk. Dari namanya sudah terlihat sudah pasti makanan ini terdiri dari berbagai macam makanan, seperti nasi putih, ayam suwir, lawar ayam, sate lilit khas Bali, sambal matah, dan lainnya. Tentu menu makan yang satu ini menambah nafsu makan meningkat.

4. Lawar 

Lawar

Photo :
  • Twitter @Even1508

Sudah pernah mencoba makanan yang satu ini? Lawar adalah makanan unik khas Bali berupa lauk campuran sayuran dan daging yang dimasak dengan bumbu khas. Aslinya, makanan ini menggunakan daging babi, namun ada beberapa lawar yang menggunakan daging ayam atau daging bebek yang bisa disantap bagi umat muslim.

5. Nasi jing go

Nasi Jinggo khas Bali

Photo :
  • Twitter @degoez1

Makanan ini juga disebut dengan istilah nasi jenggo, sajian berupa nasi yang dibalut dengan daun pisang. Konon, makanan ini muncul Ketika krisis moneter pada 1997. Pada waktu itu, makanan ini dijual Rp1.500. Nominal ini dalam Bahasa Hokkien disebut jeng go.

6. Jukut Ares

Jukur ares khas Bali

Photo :
  • Twitter @BaleBengong

Makanan Bali yang terkenal lainnya yaitu Jukut Ares. Makanan ini berbahan dasar pohon atau batang pisang muda (ares) berukuran sebesar lengan orang dewasa. Batang pisang ini diiris tipis dan dimasak dengan base gede atau bumbu khas dari Bali. Isinya biasa ditambahkan dengan daging ayam, entog atau babi. 

7. Rujak buleleng

Rujak buleleng

Photo :
  • Twitter @visitbali_id

Di Bali memiliki makanan khas yang segar yaitu rujak Buleleng khas Bali. Makanan ini terbuat dari berbagai potongan buah kemudian disiram dengan bumbu rujak yang pedas. Terdapat perbedaan dari rujak ini dengan rujak lainnya, yaitu terletak pada bumbu yang digunakan. Bumbu rujak ini terbuat dari cuka, gula aren asli buleleng, terasi, garam, cabai rawit, dan pisang batu. Bahan dari pisang batu ini ditambahkan untuk menghasilkan cita rasa sepat.

8. Tum Ayam

Tum ayam

Photo :
  • Twitter @jogimn

Makanan ini adalah olahan ayam rempah yang dibungkus rapi dengan daun pisang. Tum Ayam terdiri dari daging ayam atau sapi cincang, yang disatukan dengan bumbu tumbuk rempah seperti bawang putih, bawang merah, cabai, daun salam, serai, dan lainnya. Tum Ayam sangat cocok dijadikan hidangan utama.

9. Bulung Buni Kuah Pindang

Bulung

Photo :
  • Twitter @ameliaprimarini

Makanan khas Bali ini dikenal juga dengan Rujak Bulung dan menggunakan rumput laut hijau sebagai bahan utama. Makanan ini berisi rumput laut yang dicampur dengan saus Bali, yakni kuah pindang. Bulung Kuah Pindang bisa kamu temukan di sejumlah rumah makan khas Bali di setiap daerah terutama daerah pesisir. 

10. Laklak

Jaja laklak dan jaja injin.

Photo :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

Makanan lainnya yang terkenal di Bali yaitu Laklak. Makanan ini sangat mirip dengan surabi. Laklak disajikan dengan kuah santan dan taburan kelapa parut serta sirup gula merah yang membuat makanan ini sangat gurih, manis, dan nikmat.

Itulah sederet makanan khas Bali yang sangat populer dan digemari para wisatawan, tak terkecuali wisatawan asing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya