8 Makanan Khas Manado Terpopuler Wajib Dicoba

Manado, Sulawesi Utara
Sumber :
  • Indonesia.travel

VIVA Kuliner  – Manado merupakan ibu kota dari Provinsi Sulawesi Utara. Kota Manado sendiri memiliki banyak destinasi wisata yang indah, mengingat kota ini dikelilingi oleh pegunungan dan memiliki pantai yang cantik.

3 Pesawat Siluman F-35A Militer Australia Masuk Wilayah Manado

Selain itu, Kota Manado juga dikenal akan ragam kuliner yang enak, lezat dan unik yang tentunya berbeda dengan masakan-masakan di berbagai daerah Indonesia lainnya. Untuk itu, melalui artikel ini mari kita intip, makanan apa saja itu. Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut:

Yuk scroll ke bawah!

Ke Manado, Ganjar Pranowo Sampaikan Pesan Toleransi

1. Tinutuan

Makanan khas Manado - Bubur khas Manado - Bubur Tinutuan

Photo :
  • Cookpad: dapurVY
PUPR Sebut Bendungan Kuwil Kawangkoan Kurangi Dampak Banjir di Manado

Makanan ini merupakan bubur khas Manado yang paling populer di sana. Makanan ini sering disebut makanan yang sangat sehat karena komposisinya yang mengandung banyak sayur dan zat baik yang berguna untuk tubuh. Biasanya tinutuan disajikan bersama ikan, aneka gorengan, sambal, dan pelengkap lainnya.

2. Tinoransak

Makanan khas Manado Tinoransak

Photo :
  • Cookpad: Herlin Wulan

Makanan ini merupakan jenis hidangan daging hangat dan pedas yang memakai bumbu campuran rempah-rempah yang memiliki cita rasa pedas dan kental. Tinoransak sendiri aslinya dibuat menggunakan daging babi. Namun, mengingat banyaknya masyarakat muslim yang tinggal di Manado, kadang Tinoransak juga dibuat menggunakan daging sapi. Tentu, soal rasa masakan ini juara.

3. Halua kenari

Makanan khas Manado halua kenari

Photo :
  • Cookpad: Dapur G&C

Berkunjung ke Manado terasa kurang lengkap tanpa membawa pulang makanan ini. Sesuai namanya, halua kenari dibuat menggunakan bahan utama kacang kenari yang tumbuh subur di Sulawesi Utara. Kacang ini dibungkus dengan gula merah yang telah dilebur kemudian dilapisi ke dalam kacang. Menikmati halua kenari sangat pas ditemani dengan secangkir kopi atau teh pahit.

4. Cakalang asap (fufu)

Makanan khas Manado - cakalang fufu - cakalang asap (fufu)

Photo :
  • Katalogwisata

Cakalang adalah ikan khas Manado yang terkenal akan rasanya yang enak dan dipercaya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Cakalang fufu terbuat dari ikan cakalang atau ikan tongkol putih yang diasap (fufu). Menu ini merupakan makanan khas Manado yang cukup populer. Ikan cakalang yang masih segar ini diolah dengan cara dijepit dengan kerangka bambu, dibumbui, lalu diasap.

5. Ayam Woku

Ayam Woku Khas Manado

Photo :
  • Cookpad @Victoriapertiwi

Bumbu dari Ayam Woku sendiri, terdiri dari beberapa bahan dan rempah-rempah, diantaranya, bawang putih, bawang merah, daun jeruk, jahe, serai, kunyit hingga pandan. Ayam Woku Belanga memiliki dua versi, yaitu berkuah kental maupun berkuah cair seperti sup.

6. Sambal Roa

Makanan khas Manado - Sambal Roa

Photo :
  • Cookpad: Nada Pay Taufik

Jika ke Manado kamu sangat direkomendasikan untuk mencoba sambal roa. Sambal ini merupakan sambal khas Manado yang sangat populer di sana. Sambal roa sendiri dibuat dari ikan roa yang telah diasap dan dijemur sampai kering, kemudian dihaluskan dan dicampur dengan bumbu sambal racikan khas Manado.

7. Klapertart (kue kelapa)

Makanan khas Manado klapertart - kue kelapa

Photo :
  • Cookpad: Fitri Sasmaya

Klapertart berasal dari kata 'klapper' dan 'tart' yang berarti 'kelapa' dan 'tart' yang berarti kue dalam pelafalan Belanda. Makanan khas Manado ini kerap disajikan saat perayaan Natal dan tahun baru. kue kelapa ini terbuat dari campuran susu, mentega, telur, kelapa dan tepung terigu. Tekstur dari klapertart sendiri sangat kental dan memiliki cita rasanya yang creamy membuatnya sangat enak dimakan.

8. Panada

Makanan khas Manado panada - Panada

Photo :
  • Cookpad: Silva Malexhi

Makanan khas Manado yang terakhir yakni Panada. Makanan ini merupakan jenis roti goreng yang memiliki isian ikan. Panada enak disantap baik pada pagi hari sebagai sarapan maupun sore hari sebagai teman minum teh.

Ilustrasi pelaku

Anak di Manado Bunuh Bapak Kandung Gara-gara Emosi Temannya Dilarang Merokok

Pemuda di Manado Bunuh Bapak Kandung Gara-gara Emosi Temannya Dilarang Merokok di Dalam Rumah.

img_title
VIVA.co.id
4 Januari 2024