3 Pesawat Siluman F-35A Militer Australia Masuk Wilayah Manado

VIVA Militer: Pesawat Siluman F-35A milik Angkatan Udara Australia (RAAF)
Sumber :
  • Dispenau

VIVA – Tiga pesawat siluman F-35A milik Angkatan Udara Australia (RAAF) pada hari Kamis 14 September 2023 kemarin masuk wilayah langit Sulawesi Utara. Tiga pesawat tempur generasi 4.5 itu mendarat di Lanud Sam Ratulangi (Sri) Manado, Sulawesi Utara.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Berdasarkan keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispenau) yang diterima VIVA Militer, Jum'at, 15 September 2023, tiga pesawat siluman F-35A yang tiba di Manado itu adalah rombongan pertama delegasi Angkatan Udara Australia (RAAF) yang akan ikut serta dalam Latihan Bersama (Latma) Elang Ausindo 2023.

"Rombongan terdiri dari tiga Pesawat F-35A, 75 Squadron RAAF," kata Kadispenau Marsma TNI R. Agung Sasongkojati.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Kedatangan mereka adalah bagian dari persiapan untuk latihan besar Elang Ausindo 2023 yang direncanakan akan diadakan dalam beberapa hari ke depan," tambahnya.

Kadispenau menambahkan, selain tiga pesawat tempur F-35A, rencananya rombongan pesawat RAAF lainnya akan masuk ke Manado hari ini. Rombongan yang akan datang lagi terdiri dari satu C-17, satu KC30, dan satu unit pesawat Super Hercules C-130J.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

VIVA Militer: 3 pesawat tempur F-35A Australia mendarat di Lanud Sam Ratulangi

Photo :
  • Dispenau

Lebih jauh dia menjelaskan, latihan Elang Ausindo 2023 yang akan diikuti TNI AU tersebut nantinya akan melaksanakan berbagai jenis latihan termasuk Dissimilar Basic Fighter Manuever, Dissimilar Air Combat Manuever, Offensive Counter Air, dan Defensive Counter Air. 

"Tujuan utama dari latihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalitas penerbang tempur dalam operasi bersama yang melibatkan Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, serta Pesawat Tempur F-35A dari RAAF," ujarnya.

Selain itu, lanjut Kadispenau, latihan ini juga bertujuan untuk memperkaya keahlian tempur Angkatan Udara kedua negara sembari memperkuat persahabatan antara Australia dan Indonesia. 

Menurutnya, Latma Ausindo merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kesiapan dan kerja sama antara kedua negara dalam menjaga keamanan dan stabilitas di wilayah Asia Pasifik.

Kedatangan rombongan pertama RAAF di Manado telah menciptakan antusiasme personel TNI AU sehingga keduanya siap untuk latihan demi meningkatkan interoperabilitas dan memperdalam hubungan persahabatan yang sudah terjalin lama antara kedua negara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya