Usai Mudik ke Solok, Shireen Sungkar Bagikan Resep Ayam Saus Padang

Shireen Sungkar.
Sumber :
  • Ist.

VIVA Kuliner – Mudik menjadi salah satu agenda yang dinanti-nantikan umat Muslim untuk merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman

Resep Gampang Masak Gulai Tunjang ala Restoran Padang di Rumah Sendiri

Nah, jika biasanya tradisi mudik dilakukan menjelang Lebaran, namun tidak dengan aktris Shireen Sungkar yang justru sudah kembali ke Jakarta. Bagaimana cerita lengkapnya? Yuk, scroll untuk mengetahuinya

Diceritakan istri Teuku Wisnu itu, di tahun 2023 ini dia baru kembali mudik dari Solok, Sumatera Barat, kampung halaman Mama tercinta. 

Resep Sempol Ayam Lezat ala Penjual Depan SD, Mudah Dibuat Pastinya Bikin Nagih

Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu

Photo :
  • IG @shireensungkar

"Kampung Papa tercinta di Hadramaut, Yemen dan kampung Mama di Solok, Sumatera Barat, adalah dua tempat asal nenek moyang kami yang selalu membuat hati bahagia ketika membayangkannya. Walau sering hanya dapat melepas rindu dari cita rasa makanannya," ujar Shireen dalam keterangannya, dikutip Kamis 20 April 2023. 

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Nah, usai mudik ke kampung halaman sang Mama, Shireen meluangkan waktu berkunjung ke Masjid Al-Mujahidin di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Dalam kesempatan itu, Shireen yang hobi masak dan gemar membagikan resep masakan di akun media sosial, turut memasak makanan berbuka puasa yaitu Ayam Saus Padang.

Tak hanya memasak, adik dari Zaskia Sungkar itu juga membagikan makanan yang dia masak sendiri itu pada masyarakat di sekitar.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Roland Octasilva Layandi, brand manager food division, PT Bina Karya Prima, yang melakukan kegiatan berbagi bersama produk FITRI minyak goreng dan margarin. 

"Kegiatan Ramadhan yang berlangsung hingga 12 April 2023 ini dengan mengunjungi 70 masjid yang ada di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, sepanjang pulau Jawa, serta beberapa masjid di Denpasar, Medan, Lampung, dan Banjarmasin. Dalam kegiatan ini dibagikan paket minyak goreng dan margarin FITRI serta kebutuhan dapur lainnya kepada jamaah masjid yang dikunjungi," kata dia. 

Usai berbagi makanan yang dimasak langsung oleh Shireen kepada para jamaah Masjid Al-Mujahidin, resep masakan dari Solok, Sumatera Barat kampung halaman Mama tercinta pun, ikut dibagikan Shireen. Berikut resep Ayam Saus Padang ala Shireen Sungkar. 

Bahan-bahan:
500 gr ayam
3 cm jahe (memarkan)
1½ sdm saus tiram
2 sdm saus sambal
2 sdm saus tomat
¼ sdt gula pasir
1 air kaldu (boleh air putih biasa)
1 btg daun bawang (iris)
1 buah jeruk nipis
½ suing bawang Bombay (iris)
Minyak goreng FITRI
Garam dan penyedap rasa secukupnya
8 buah cabai merah
10 buah cabai rawit hijau
7 siung bawang merah
3 siung bawang putih

Cara memasak
1. Cuci bersih ayam, kemudian rendam ayam 15 menit dengan air perasan jeruk nipis agar tidak amis. Rebus ayam hingga setengah matang, setelah itu goreng ayam hingga kecokelatan.

2. Haluskan semua cabai, bawang merah, dan bawang putih. Kemudian tumis bumbu halus dengan minyak goreng, masukkan jahe geprek dan bawang bombay hingga wangi.

3. Tuangkan saus tiram ke dalam tumisan dan aduk terus agar tidak gosong. Masukan saus sambal, saus tomat, garam, dan penyedap rasa. Aduk merata lalu masukan air kaldu bekas rebusan ayam sebelumnya.

4. Jika kuah sudah mendidih, masukan ayam goreng dan aduk terus hingga air tanak dan bumbu meresap.

5. Jika sudah matang, angkat dan sajikan. Jangan lupa beri taburan daun bawang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya