5 Jenis Kopi yang Disukai Masyarakat Indonesia Tahun 2024

Ilustrasi kopi.
Sumber :
  • Freepik/freepik.diller

VIVA – Di Indonesia, kopi sangat disukai masyarakat karena tidak hanya dapat diminum untuk menghilangkan rasa kantuk, tetapi juga karena aromanya yang kuat dan rasanya yang nikmat.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Baru-baru ini, Goodstats melakukan survei tentang bagaimana orang Indonesia mengonsumsi kopi di tahun 2024. Survei tersebut tidak hanya bertanya tentang pola konsumsi, tetapi juga menanyakan jenis kopi mana yang paling disukai orang Indonesia ketika mereka pergi ke kedai kopi.

Ilustrasi kopi.

Photo :
  • Pixabay/StockSnap
Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Berikut ini adalah hasil dari lima jenis kopi yang paling populer di Indonesia di tahun 2024, dilansir dari Good Stats pada Rabu, 3 April 2024 : 

1. Cappuccino

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Cappuccino adalah jenis kopi yang cenderung memiliki rasa manis yang terdiri dari espresso, busa susu (milk foam) dan susu yang telah dipanaskan.

Survei yang dilakukan Goodstats menunjukkan bahwa sebanyak 25% orang memilih cappuccino sebagai jenis kopi yang mereka sukai. Hasil ini membuat cappuccino menjadi favorit pertama bagi penikmat kopi di Indonesia.

Berbicara tentang cappuccino, rupanya ada beberapa jenis kopi yang bervariasi selain susu. Di beberapa negara, ada jenis cappuccino yang menggunakan krim daripada susu. Sebagian orang dapat membuat cappuccino dengan susu nabati atau susu non-dairy jika tidak bisa minum susu diary.

2. Americano

Menurut hasil survei Goodstats, kopi americano menjadi pilihan kedua bagi pecinta kopi Indonesia dengan hasil 23% responden, mereka menganggap kopi americano sebagai jenis kopi favorit mereka di coffee shop.

Americano adalah olahan kopi yang terbuat dari campuran espresso dan air, jadi rasanya cenderung pahit karena tidak ada pemanis susu atau krim.

Americano masih menjadi kopi favorit di Indonesia dan di luar negeri meskipun rasanya cenderung pahit. Di Korea Selatan, mereka selalu memilih kopi americano di coffee shop. Sepertinya americano adalah pilihan utama bagi penduduk Negeri Ginseng karena proses pembuatan yang cepat dan harga yang cenderung lebih murah.

3. Caffe Latte

Caffe latte kali ini menduduki posisi ketiga sebagai kopi favorit di Indonesia. Menurut 17% orang yang menjawab survei, kopi latte menjadi jawaban jika mereka menyukai kopi tersebut

Caffe latte adalah jenis kopi yang dibuat dengan campuran espresso, susu panas, dan busa susu. Sekilas, proporsi tersebut sama dengan cappuccino, tetapi caffe latte memiliki rasio susu yang lebih tinggi daripada cappuccino, sehingga rasanya lebih milky daripada cappuccino.

4. Espresso

Blonde espresso Starbucks.

Photo :
  • Starbucks

Jenis kopi keempat yang paling disukai orang Indonesia adalah espresso, menurut 14% responden.

Espresso adalah minuman kopi paling umum karena banyak olahan kopi lain menggunakan espresso sebagai campuran. Metode penyeduhan kopi dengan air yang hampir mendidih dan biji kopi yang digiling halus memberikan olahan espresso yang kental dengan rasa dan aroma kaya.

5. Moccacino

Menurut survei Goodstats, 11% orang Indonesia menyukai kopi olahan moccacino sehingga kopi ini menjadi minuman favorit masyarakat Indonesia.

Moccacino biasanya terbuat dari espresso, susu panas, bubuk kakao atau gula dan rasanya yang kaya rupanya berasal dari campuran cokelat. Ada juga yang menggunakan sirup coklat dengan rasa coklat pahit atau coklat susu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya