Jus Mengandung Lebih Banyak Gula Dibanding Cola

Ilustrasi Minum Jus
Sumber :
  • iStock
VIVAlife - Jus buah yang sering diminum ternyata mengandung lebih banyak gula daripada minuman bersoda cola. Anda bisa saja minum jus tersebut dengan menambahkan gula lebih banyak daripada cola. 
Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Peneliti Action on Sugar melakukan survei terhadap 200 jus, smoothies, dan minuman buah, untuk menemukan lebih dari seperempat gula terdapat tingkat yang sama dengan cola atau lebih. Minuman bersoda 100 mililiter memiliki kadar gula sebanyak 10,6 gram, seperti dilansir laman Female First, 11 November 2014.
Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Penelitian yang dilakukan mengungkapkan, pelanggar terburuk termasuk minuman jus tropical dari konsentrat yang mengandung 13 gram gula per 100 mililiter, dan minuman smoothies buah untuk anak-anak mengandung 16,1 gram per 100 mililiter. 
Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Survei tersebut khusus ditujukan untuk minuman yang dibuat bagi anak-anak. Ahli gizi Kawther Hashem mengatakan kepada BBC, "Orangtua tidak selalu memahami perbedaan antara minuman jus dan jus buah. Dan minuman kemasan selalu mempunyai isi 200 mililiter bahkan lebih". 

"Banyak orangtua masih membeli jus buah dan minuman jus untuk anak mereka, sebaiknya para orangtua memberikan sedikit jus saja," kata Kawther. Ia juga mengatakan jus juga sebaiknya diberikan pada saat-saat tertentu saja, bukan setiap hari.

Action on Sugar telah memanggil pihak produsen untuk mengurangi jumlah gula yang terkandung di dalam produk minuman yang dijualnya. Profesor Graham MacGregor, chairman of Action on Sugar mengatakan, orangtua harus menghentikan obesitas pada anak-anak yang di luar kendali. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya