Agar Seafood Nikmat Disantap, Ini Tipsnya

Ilustrasi makanan laut atau seafood
Sumber :
  • iStock
VIVAlife
Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah
-
Seafood
Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder
atau hidangan laut merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik bagi tubuh. Ikan, udang, kepiting dan lobster juga mengandung segudang nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.
Cara Mudah Bikin Blender dan Mikser Tahan Lama

Namun, banyak orang jarang mengonsumsi hidangan laut karena malas mengolahnya. Padahal sebenarnya, cara mengolah dan memasak hidangan laut terbilang mudah.


Menurut, Albert Wijaya, Executive Chef sekaligus pemilik salah satu restoran
seafood
di Jakarta, Anda tak perlu menggunakan banyak bumbu saat memasak hidangan laut. Albert juga berbagi beberapa tips mengolah hidangan laut lainnya kepada
VIVAlife
. Berikut ini tipsnya:


Cara memasak

Albert mengatakan bahwa hidangan laut dapat diolah dengan cara apapun baik itu digoreng, ditumis, direbus, dikukus, dipanggang maupun dibakar. Namun, cara memasak yang paling tepat ialah di-steam atau dikukus.


"Kalau direbus, rasa dagingnya keluar dan air rebusan menjadi kaldu. Tapi, kalau di-steam cita rasa seafood tetap terjaga sehingga semakin enak dimakan," ucapnya kepada VIVAlife saat ditemui di restoran miliknya, The Holy Crab di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat, 9 Januari 2014.


Bawang putih

Bawang putih adalah bumbu wajib saat memasak hidangan laut. Dengan menggunakan bawang putih, daging ikan, udang atau kepiting menjadi lebih guriih dan kaya rasa. Anda dapat menghaluskan bawang putih dan membalurkannya pada daging atau seluruh permukaan seafood sebelum memasak. Ketika memilih untuk merebusnya, bawang putih dapat ditambahkan langsung kedalam air rebusan.


Gunakan jeruk lemon


Air perasan jeruk lemon bermanfaat untuk menghilangkan bau amis pada seafood. Selain itu, rasanya yang asam mampu menambah rasa hidangan menjadi semakin segar. Jika tidak ada jeruk lemon di rumah, Albert mengatakan Anda dapat menggunakan berbagai jenis buah citrus lain , salah satunya jeruk nipis.


Minimalisir bumbu

Saat memasak, usahakan untuk meminimalisir bumbu yang digunakan. Jika Anda pernah melihat acara masak di televisi, banyak chef yang memilih memasak hidangan laut hanya dengan garam dan bawang putih. Ini dilakukan agar Anda dapat menikmati cita rasa asli alami daging seafood. Terlalu banyak menggunakan bumbu justru mampu menutupi kesegaran dan rasa aslinya.


"Seafood yang berkualitas cita rasa alaminya sudah enak jadi nggak perlu banyak-banyak bumbu," tambah Albert.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya