Lima Tips Memasak Pasta

pasta
Sumber :
  • cergntnu.files.wordpress.com

VIVAlife - Pasta telah menjadi salah satu hidangan internasional yang begitu akrab di lidah. Cara memasak yang sederhana dan variasi menu pasta yang beragam membuatnya hampir selalu ada di setiap restoran. Tetapi, merebus hidangan favorit masyarakat Italia ini butuh kedetilan sehingga banyak orang yang malas membuatnya sendiri di rumah.

Enam Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Saat Masak Pasta

Padahal, jika Anda mengetahui beberapa tips dan triknya, pasta ala restoran bintang lima juga bisa Anda hidangkan di rumah. Oleh karena itu, simak lima tipsnya berikut ini seperti yang dilansir dari Taste:

1. Jangan menambahkan minyak kedalam air yang digunakan untuk merebus pasta. Jika itu Anda lakukan, saus tidak akan menempel pada pasta saat dihidangkan. Untuk mencegah pasta saling menempel saat direbus, aduk beberapa kali dan selalu awasi pasta Anda.

2. Untuk memasak pasta al dente atau pasta dengan tingkat kematangan sempurna, Anda tidak boleh merebusnya terlalu lama. Pasta yang al dente tidak terlalu lembut melainkan memiliki tekstur yang sedikit chewy.

3. Tambahkan sedikit garam ke dalam air mendidih sebelum memasukkan pasta. Ini dilakukan untuk memberikan tambahan rasa pada pasta. Namun, jangan menambahkan garam ketika saus pasta yang Anda masak sudah memiliki rasa gurih.

4. Setelah pasta selain direbus, jangan bilas menggunakan air dingin karena saus tak akan menempel di pasta yang sudah dingin. Selain itu, pasta juga akan kehilangan sedikit rasa alaminya. Anda boleh membilas pasta hanya ketika menggunakannya untuk tambahan salad.

5. Ikuti petunjuk memasak yang tertera di kemasan pasta Anda. Meski begitu, angkat pasta beberapa menit sebelum waktu yang ditentukan pada kemasan untuk menghindari pasta yang terlalu lembut. (ren)

Baca juga:

Cara Unik Masak Spageti: Tambahkan Kopi Instan
Pasta

RESEP: Cara Mudah Memasak Pasta Aglio Olio

Aglio olio, salah satu cara masak pasta paling sederhana.

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2016