Makanan Super untuk Kulit Keriput

Buah tomat.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Kulit menjadi tua ketika munculnya keriput, kusam, bintik hitam, dan kehilangan cahaya alami. Hal ini bisa terjadi karena faktor usia. Namun hal ini bisa terjadi sebelum waktunya karena stres, polusi, gaya hidup tidak sehat, dan karena penyakit. 

Konsumsi Tomat Efektif Cegah Keriput

Namun hal tersebut dapat dicegah dengan makanan yang harus dimakan sehari-hari. Ketika berbicara tentang masalah penuaan kulit, ada banyak solusi yang efektif agar kulit menjadi terlihat lebih muda dan bercahaya. 

Banyak studi penelitian membuktikan bahwa makanan super memiliki nutrisi, antioksidan, dan senyawa lain untuk melindungi dan memperbaiki kerusakan pada sel-sel kulit. Berikut adalah beberapa pilihan makanan sehat yang harus ditambahkan ke daftar makan Anda, seperti dilansir laman Boldsky:

Sembilan Manfaat Tomat bagi Kesehatan

Tomat

Tomat mengandung kadar tinggi lycopene, suatu senyawa yang dianggap antioksidan yang paling ampuh dari karotenoid. Dalam banyak penelitian, lycopene menunjukkan memperkuat kulit dengan menghentikan aktivitas kolagenase pada kulit. Sehingga membuat kulit Anda lebih kencang dan mencegah kerutan.

Tomat, Cerahkan Kulit Hingga Atasi Jerawat

Jambu Biji

Jambu sarat akan antioksidan yang berasal dari alam. Memiliki kandungan Vitamin A, C, dan kalium, yang dikenal berfungsi sebagai antioksidan. Jambu biji sangat efektif dalam memerangi jerawat dan bintik hitam melalui sifat antiseptik. Hal ini bekerja dengan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Berbagai antioksidan dalam jambu biji juga berperan dalam memerangi radikal bebas, yang merupakan penyebab utama keriput.

Paprika

Selain memberikan rasa lezat dan daya tarik untuk hidangan, paprika yang merah mempunyai nutrisi seperti vitamin A, C, dan K, karotenoid, dan serat makanan yang semuanya penting untuk kulit sehat. Selain itu, tinggi akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang merusak. 

Bluberi

Bluberi dikenal memiliki tingkat antioksidan tertinggi yang baik untuk kulit Anda. Selain itu, kaya akan vitamin A, C, serat, dan nutrisi lain yang membantu orang penderita jerawat, kapiler pecah atau kulit kotor. Nutrisi dalam bluberi dapat menetralisir atau menormalkan kadar minyak di kulit Anda. 

Baca juga:



(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya