Manfaat Baru Kopi, Cegah Kanker hati

Kopi.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Selama ini kopi dikenal sebagai minuman yang mampu memberikan sederet manfaat kesehatan, seperti mencegah diabetes tipe 2, mengurangi risiko sakit jantung, juga demensia, menangkal asam urat, menyehatkan mata, dan masih banyak lagi.

Penghafal Alquran Gratis Minum Kopi di Kedai Ini

Namun, ada kabar baik bagi Anda pecinta kopi. Studi terbaru menunjukkan bahwa kopi ternyata juga mampu menurunkan risiko kanker hati.

Ya, melansir Grub Street, sebuah laporan baru yang diterbitkan oleh World Cancer Research Fund melihat lebih dari 30 studi yang ada dari seluruh dunia dan menemukan bukti kuat bahwa minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko kanker hati.
Tips Dapatkan Kopi Berkualitas Sesuai Selera

Bahkan, para peneliti mengatakan bahwa kopi tampaknya mengurangi kemungkinan kanker hati sebesar 14 persen.
Toleransi Tubuh Terhadap Kafein yang Berasal dari Kopi

Meski begitu, belum diketahui secara pasti apa yang membuat minuman berwarna hitam ini memiliki efek tersebut. Sebagian peneliti menduga kafeinlah yang berperan sebagai penangkal kanker hati. Sedangkan sisanya mengatakan kandungan senyawa tertentu yang bisa jadi membantu tubuh melawan racun.

Beberapa studi juga menunjukkan hasil yang lebih signifikan pada pria dibandingkan pada wanita, atau dengan kata lain efek ini lebih banyak terjadi pada kaum adam.

Apa pun itu, tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi kopi secara rutin. Yang pasti, jangan menambahkan gula, krim, atau susu untuk mendapatkan manfaat kesehatannya secara maksimal. (asp)

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya