Wajib Tahu Saat Belanja Ikan Salmon

Ilustrasi ikan salmon
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Sembilan Sumber Kalsium Selain Susu
- Siapa yang tak suka menyantap ikan salmon? Selain menyehatkan, salmon juga memiliki cita rasa khas yang begitu lezat.

Menikmati Salmon Panggang Khas Sunda

Walaupun dapat dibumbui dan dimasak dengan metode apa pun, daging salmon lebih sering disajikan mentah atau setengah matang. Hal ini membuat daging salmon haruslah segar dan berkualitas.
Ada Salmon di Restoran Ayam Siap Saji


"Karakteristik ikan segar umumnya sama. Untuk itu, Anda bisa menggunakan tips memilih ikan salmon guna memilih hampir seluruh jenis ikan lainnya," ujar Chef Marcus Dybwad, Chef asal Norwegia yang ditemui
VIVA.co.id.

Namun, di samping itu, menurut dia, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat akan membeli ikan salmon. Apa sajakah itu?


Tes kesegaran


Saat membeli salmon, coba tekan daging untuk mengetahui apakah ikan itu masih segar atau telah diberi bahan pengawet. Daging ikan yang setelah ditekan tidak kembali ke permukaan dengan cepat berarti telah diberi bahan pengawet.


Lihat insang


Kunci kesehatan ikan salmon adalah dari insangnya yang segar dan dengan warna cerah. Jika insang berwarna kecokelatan atau gelap, ikan tersebut sudah tak lagi segar.


Lihat mata


Sama seperti jenis ikan lainnya, untuk mengetahui kualitas ikan salmon yang akan dibeli, Anda bisa melihat kondisi matanya. Ikan yang segar akan memiliki kedua mata yang jernih dan bening. Sementara itu, ikan yang tak lagi segar matanya biasanya berubah warna menjadi gelap, buram, sayu, dan mulai bergelambir.


Saat memilih ikan dalam bentuk utuh, Anda juga harus memperhatikan kulitnya. Kulit ikan yang segar haruslah kencang, bersih, dan berkilau seolah-olah ikan masih hidup.


Perut ikan

Perhatikan pula area perut ikan. Perut ikan harus tegang, tidak bengkak atau cekung. Area perut yang buncit atau keriput menunjukkan bahwa enzim pencernaan yang terdapat pada usus ikan telah dipecah dan bisa mempengaruhi rasa dagingnya. (art)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya