Ini Cara Mengetahui Sifat Narsis pada Seseorang

Ilustrasi wanita selfie di kantor
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta
- Apakah Anda sering disebut narsis oleh teman-teman atau orang terdekat Anda? Lalu apakah Anda benar-benar seseorang yang narsis?

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon
Dilansir dari Food World News, sebuah studi yang belum lama ini dilakukan mengungkapkan bahwa seseorang yang narsis cenderung mengakui dan bahkan bangga jika disebut narsis. Hal itu karena orang narsis tidak melihat narsisme sebagai kekurangan, menurut para peneliti di Ohio State University.

Empat Hal Pemicu Infeksi Jamur di Area Kewanitaan
"Anda bisa menanyakan langsung ke seseorang mengenai narsisme karena orang narsis tidak melihat hal ini sebagai suatu kualitas negatif. Mereka bahkan percaya bahwa mereka superior dan tidak masalah disebut narsis oleh orang-orang di sekitarnya," ujar Brad Bushman, profesor komunikasi dan psikologi di Ohio State University.

Studi itu melibatkan sebanyak 111 eksperimen pada lebih dari 2.200 orang yang terdiri dari berbagai usia. Peneliti lantas menemukan bahwa mereka dapat mengidentifikasi seseorang yang narsis hanya dengan menanyakan langsung kepada orang yang bersangkutan.

"Apakah Anda setuju bahwa Anda adalah seseorang narsis? (Catatan: kata narsis berarti egois dan mementingkan pada diri sendiri)," demikian pertanyaan yang diajukan peneliti.

Bushman mengatakan narsisme adalah masalah pada seorang individu dan dapat menyebabkan masalah pula pada masyarakat sosial.

"Mereka yang berpikir diri mereka sudah baik tidak mencoba untuk meningkatkan diri sendiri. Narsisme buruk bagi masyarakat sosial karena orang hanya memikirkan diri mereka sendiri serta kepentingan diri sendiri sehingga tidak banyak membantu orang lain," ujar Bushman.

Studi tersebut telah dipublikasikan secara online di Jurnal Plos One.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya