Di Balik Kenikmatan Pancake Tersembunyi Hal Buruk

Ilustrasi pancake.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Menjajal Nikmatnya Surf n' Turf Olahan Chef Buli
- Pancake telah menjadi makanan favorit di setiap negara. Bahkan, di Jepang telah banyak hadir restoran yang menyajikan menu pancake sebagai menu utama. 

Yuk, Jelajahi Kuliner Nusantara di Sini
Dengan tekstur yang lembut, serta dikonsumsi selagi hangat pasti akan sulit untuk menolak makanan satu ini, bukan? 

Kreasi Kuliner Paduan Eropa dan Madiun, Sandwich Pecel
Sementara itu, banyak orang ingin menikmati sepotong pancake mereka, beberapa peneliti dan profesional medis ingin mengingatkan kita semua bahwa pancake dan makanan berbasis tepung memiliki potensi menyebabkan penyakit. Bahkan, dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kematian.

Tapi, sebelum Anda berpikir buruk tentang makanan ini, sebenarnya ada cara mudah untuk tidak terkena penyakit ketika mengonsumsi makanan ini, berikut caranya seperti dilansir laman Rocketnews24.

Tungau

Alasan mengapa pancake berpotensi menyebabkan kematian adalah adanya tungau kecil. Tungau ini memakan tepung dan dapat masuk ke campuran kue yang dibuat ini. Inspeksi pada tahun 2001, makanan di Inggris menunjukkan bahwa 21 persen dari makanan berbasis sereal mengandung beberapa jenis kutu.

Namun, biasanya jumlah tungau yang sangat kecil dan mungkin tidak cukup untuk menyebabkan kerusakan yang signifikan pada sistem tubuh Anda. 

Mengapa tungau berbahaya? Tungau ini bisa menimbulkan bahaya ketika mereka reproduksi dalam jumlah besar. Ketika Anda secara tidak sengaja menelan tungau dalam jumlah besar, maka berpotensi untuk menderita anafilaksis.

Ini adalah reaksi alergi yang serius seperti terkena sengatan tawon. Hal ini juga dapat menimbulkan gejala seperti sesak napas dan muntah.

Tidak perlu khawatir untuk memakan makanan yang lezat ini. Ada cara agar Anda aman mengonsumsinya.

Untuk mengendalikan populasi tungau yang membesar, biasanya pancake memiliki peringatan bahwa harus disimpan di tempat yang dingin dan kering.

Banyak dari kita yang berasumsi berarti disimpan di lemari. Namun, tempat yang paling baik untuk menjaga tungau tidak berkembang adalah di tempat yang mempunyai suhu di bawah 10 derajat celsius.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya