Ini Peran Garam dalam Membentuk Cita Rasa Makanan

Ilustrasi garam
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Khasiat Lemon dan Garam Bersihkan Hawa Negatif di Rumah
- Garam adalah salah satu bumbu wajib yang pasti tersedia di dapur. Meski garam mengikat air dan banyak dihindari mereka yang tengah melakukan pola diet sehat, namun tetap tak bisa dipungkiri bahwa tanpa garam, makanan pun menjadi hambar.

Bahaya di Balik Konsumsi Gula dan Garam Berlebihan
"Sodium yang terkandung di dalamnya memberikan efek menyeimbangkan ion di dalam tubuh dan menyebabkan masalah yang terkait dengan tekanan darah, penyimpanan air, obesitas dan sebagainya," ujar Pooja Malhotra, ahli teknologi pangan seperti dilansir dari Times of India.

5 Mitos Tentang Garam dan Dampaknya Terhadap Kesehatan
Ia menyarankan untuk memilih garam dengan kandungan sodium yang lebih rendah atau garam dengan potasium tinggi untuk pilihan garam yang lebih sehat.

Meski begitu, Anda tetap harus mengetahui beberapa fungsi garam jika ditambahkan pada masakan.

Meningkatkan cita rasa

Garam memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa pahit. Itu sebabnya banyak cokelat yang dibuat dengan menambahkan garam untuk menghilangkan rasa pahit biji kakao.

Tak hanya digunakan untuk memasak hidangan savory atau gurih, garam juga banyak digunakan baker dan juru masak untuk membuat hidangan penutup manis. Dengan garam, rasa manis hidangan menjadi lebih bulat.

Meningkatkan suhu

Garam juga meningkatkan titik didih air. Untuk itu, jika Anda ingin merebus telur lebih cepat, tambah sedikit garam. Tak hanya itu, garam juga dapat menurunkan titik beku air. Itulah alasannya garam ditaburkan ke dalam es saat akan membuat es krim. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya