Mengenal Lebih Jauh Manfaat Minyak Zaitun

Ilustrasi Minyak Zaitun
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Menggoreng dengan Minyak Zaitun, Sehat atau Tidak?
- Minyak zaitun telah dikenal memiliki manfaat yang baik untuk kulit dan rambut. Dibandingkan dengan minyak lainnya, zaitun memiliki banyak kandungan bermanfaat, mulai dari lemak tak jenuh hingga bagus untuk dikonsumsi setiap hari. Namun, banyak sekali mitos bahwa minyak zaitun tidak cocok untuk memasak sehari-hari.

Kenali Bahaya Minyak Zaitun

Selain mengandung lemak tak jenuh, minyak zaitun juga mengandung nutrisi tinggi dan omega-9, sehingga kerap dipilih menggantikan minyak goreng untuk memasak aneka makanan. Mitos tersebut sangat penting untuk diungkap untuk mengetahui bagaimana manfaat minyak zaitun untuk memasak.
Delapan Tips Alami Dapatkan Kaki Mulus


Banyak orang memiliki kesalahpahaman bahwa minyak zaitun hanya baik untuk campuran salad, makanan kukus, sup dan roti. Mereka berpikir bahwa minyak zaitun tidak ideal untuk menggoreng makanan, terutama jika salah pemakaian saat memasak, Anda akan kehilangan nutrisi minyak zaitun pada masakan.


Kesalahpahaman ini disebabkan  bahwa adanya titik asap rendah dari minyak zaitun yang membuatnya kehilangan sifat menguntungkan dan membentuk senyawa berbahaya yang bisa berefek buruk untuk kesehatan.


Titik asap adalah suhu di mana minyak mulai menurunkan panas yang menghasilkan asap. Ini adalah alasan mengapa orang lebih memilih minyak lainnya untuk memasak seperti minyak canola, minyak kacang atau minyak almond.


Namun, penelitian telah membuktikan bahwa mitos tentang minyak zaitun tidak benar. Berikut ini, beberapa manfaat lain dari minyak zaitun untuk kesehatan dilansir
Boldsky.

Cegah penyakit jantung


Tekanan darah dan kolesterol darah adalah alasan utama di balik penyakit jantung. Memasak dengan minyak zaitun dapat menurunkan risiko kolesterol dan tekanan darah, sehingga dapat mencegah risiko penyakit jantung. Jadi, menggunakan minyak zaitun saat memasak sangat bermanfaat.


Cegar kanker

Minyak zaitun memiliki kecenderungan untuk menetralkan radikal bebas yang berbahaya dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko kanker. Jadi bagi Anda yang ragu ini adalah jawaban yang jelas bahwa minyak zaitun sangat aman untuk memasak.


(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya