Enam 'Dosa' Pola Makan yang Harus Dijauhi

Lingkar pinggang atau diet
Sumber :
  • istockphoto
VIVA.co.id
Tips Redakan Asam Lambung untuk Lansia
- Memiliki pola makan yang baik adalah kunci hidup sehat. Begitu pula bagi mereka yang tengah berusaha menurunkan berat badan.

Tips Memilih Pendingin Ruangan yang Ramah untuk Anak

Begitu banyak aturan dan pantangan mengenai apa saja yang boleh maupun tidak boleh dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan pola makan yang baik.
Tips Mudah Pangkas Bobot Tubuh 5 Kilo Satu Bulan


Nah, bagi Anda yang kini sudah semakin sadar akan kewajiban memiliki gaya hidup sehat, berikut ini adalah beberapa "dosa" besar makanan yang bisa merusak diet dilansir laman
Boldsky.


Hanya mengonsumsi protein

Memang baik jika Anda mengonsumsi banyak protein. Namun, bukan berarti Anda sama sekali tidak perlu mengonsumsi karbohidrat. Ini bisa membuat Anda cepat lelah dan kekurangan energi, terutama bagi Anda yang aktif melakukan kegiatan sehari-hari.


Makan terlalu sedikit atau terlalu banyak

Baik makan terlalu sedikit maupun makan terlalu banyak sama-sama berbahaya bagi kesehatan. Anda harus mengonsumsi makanan dengan porsi cukup dan harus seimbang antara lima sehat dan empat sempurna. Konsultasikan porsi makan yang ideal sesuai dengan berat badan dan usia Anda dengan ahli nutrisi.


Konsumsi karbohidrat di malam hari

Banyak ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi kebanyakan asupan karbohidrat sehari-hari di siang hari. Itu karena mengonsumsi karbohidrat sebelum tidur akan menambah penumpukan lemak pada tubuh.


Bergantung pada suplemen


Tak selamanya suplemen mampu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh sehari-hari. Oleh karena itu, jangan terlalu bergantung pada suplemen. Sangat lebih baik mengonsumsi nutrisi lewat sumbernya seperti sayur, buah, kacang dan daging.


Mengabaikan porsi makan

Sebagian orang berpikir bahwa menyantap jenis makanan sehat adalah hal yang baik. Meski begitu, Anda harus berhati-hati juga dalam hal porsi. Itu karena apapun yang dilakukan berlebihan pada akhirnya tidak akan memberikan dampak positif.


Terlambat makan


Menunda waktu makan adalah hal yang paling buruk yang bisa Anda lakukan pada tubuh. jangan mengira hal ini mampu membantu menurunkan berat badan. Justru yang terjadi adalah sebaliknya. Saat Anda makan, Anda cenderung akan mengonsumsi lebih banyak makanan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya