Rahasia Pria 95 Tahun Agar Tak Terlihat Seperti Kakek-kakek

Kazim Gurbuz
Sumber :
  • Facebook/Karim Gurbuz
VIVA.co.id
12 Cara Mengatasi Mimpi Basah Berlebihan
- Memiliki umur panjang adalah mimpi banyak orang. Begitu pula dengan tampilan fisik yang awet muda. Dua hal tersebut dimiliki oleh seorang pria asal Turki hingga menghebohkan publik.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat
Ya, meski berusia 95 tahun, pria bernama Kazim Gurbuz itu tidak terlihat seperti kakek-kakek, melainkan layaknya pria dewasa yang masih berusia 50 tahun. 

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang
Gurbuz yang berprofesi sebagai guru yoga tersebut mengungkapkan rahasia umur panjang dan tampilan awet mudanya adalah latihan yoga secara rutin dan beberapa makanan spesifik.

Pria yang lahir pada 1920 itu percaya semua orang memiliki potensi untuk hidup hingga usia 130 tahun asalkan mereka hidup dengan cara yang tepat. Bahkan, ia percaya bahwa kehidupan sendiri sebenarnya dimulai di usia 65 tahun.

"Saya punya kepercayaan semua orang memiliki kekuatan jika mereka mengurus diri sendiri dengan baik. Kemudian mereka akan hidup hingga usia seperti saya," ujar Gurbuz seperti dikutip dari Oddity Central.

Pria itu mengklaim setiap pagi ia berjemur di sinar matahari sebentar sebelum berenang. Menurut dia, itu adalah sumber energi yang sangat baik. Ia juga melakukan banyak posisi yoga yang sulit hingga 48 jam dan mampu menahan napas selama 4-5 menit.

Tak hanya itu, Gurbuz juga mengatakan dirinya selalu aktif secara seksual dan orgasme selama 3-5 kali dalam sehari.

"Saya seperti ketika masih berusia 25-30 tahun. Mereka menantang saya untuk membuktikannya di Eropa, jadi saya melakukannya," ujar Gurbuz.

Ia pun mengungkapkan diet spesial yang telah dilakukan sejak lama terdiri dari konsumsi buah zaitun, paprika merah, kacang pinto, teh herbal dan sup. Hobinya membuat beragam jenis madu dan mengonsumsi setengah stoples setiap harinya.

Kata Gurbuz, makanan yang harus dihindari adalah daging karena hanya memberikan sedikit manfaat dan justru membahayakan kesehatan tubuh.

Kebanyakan orang saat ini ia ibaratkan hidup dalam 'penjara udara terbuka', di mana setiap hari dihabiskan dengan bangun tidur, pergi ke kantor yang bangunannya kurang memiliki jendela dan duduk di depan komputer seharian penuh.

Mereka lantas lebih sering menghirup udara dari pendingin ruangan dibandingkan udara segar dan hanya melakukan sedikit olahraga.

Gurbuz mengaku, hari-harinya selalu dihiasi dengan aktivitas yang membuatnya mampu menikmati udara segar dan sinar matahari serta aktivitas fisik yang tinggi. Ia berenang serta berjalan kaki di musim panas dan bermain ski di musim dingin.

Saat menginjak usia 41 tahun, ia mengalami kecelakaan mobil yang buruk hingga tulang punggungnya patah. Karena itu Gurbuz lumpuh di bagian pinggang ke bawah dan dokter memprediksi dia tak akan pernah bisa berjalan lagi.

Ia tak putus asa dan bahkan meminta teman-temannya untuk mendorong tulang belakangnya hingga kembali ke tempatnya semula.

"Kala saya memiliki uang, wanita mengagumi saya dan saya terlena dengan kesuksesan hingga Tuhan menghukum saya. Saya melakukan 63 percobaan dan saya lahir kembali. Sembilan bulan kemudian saya bisa berjalan lagi," kisah Gurbuz.

Mungkin itu terdengar seperti keajaiban bagi banyak orang, tapi ia menampiknya, mengatakan tak ada yang dinamakan keajaiban.

"Manusia menggunakan kekuatan otak dan jika diaplikasikan dengan benar, maka otak dapat meregenerasi otot dan sistem saraf," ujar dia.

Gurbuz telah menjadi sensasi media sosial di Turki sejak wawancaranya diterbitkan oleh media Daily Hurriyet. 

Klaim berani Gurbuz mengenai resep umur panjang dan kemampuannya menjaga penampilan fisiknya agar tetap awet muda telah dikritik oleh banyak ahli dari berbagai disiplin ilmu. Namun, ia mengatakan sertifikat kelahiran dan kesehatannya yang baik telah menjadi bukti yang cukup.

Yoga sendiri telah diasosiasikan dengan umur panjang dan kesehatan yang baik selama berabad-abad lamanya. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya