Kopi Aceh dan Sulawesi, Kopi Lokal Favorit Dunia

Biji kopi.
Sumber :
  • REUTERS/Noor Khamis/Files
VIVA.co.id
Penghafal Alquran Gratis Minum Kopi di Kedai Ini
- Kopi Indonesia tak diragukan lagi merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Kualitas dan cita rasanya juga telah diakui oleh dunia internasional.

Tips Dapatkan Kopi Berkualitas Sesuai Selera
Tak heran jika ekspor kopi olahan Indonesia tahun 2014 lalu telah mencapai US$ 332,24 juta atau meningkat sebanyak 9,9 persen dibandingkan tahun 2013 yang nilainya US$ 302,12 juta, menurut data Kementerian Perindustrian.

Toleransi Tubuh Terhadap Kafein yang Berasal dari Kopi
Namun, di antara beragam kopi lokal, kopi Aceh dan Sulawesi masih menjadi yang paling populer dan mendominasi di luar Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Iwan Setiawan, seorang barista profesional Indonesia yang pernah meraih Juara Kompetisi Latte Art tingkat nasional yang diadakan oleh SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia) di Bali, pada bulan Maret 2014 lalu.

ILAC 2014 merupakan kejuaraan yang ditujukan untuk mengasah kebolehan para pecinta kopi dan barista di Indonesia dalam memadukan seni dan keterampilan dalam membuat latte art.

"Alasannya adalah kopi Aceh dan Toraja itu dinilai lengkap dalam hal rasa oleh penggemar kopi di luar negeri. Jadi rasa pahit, asam, semua ada," ujar Iwan saat ditemui VIVA.co.id di festival kopi yang diselenggarakan Kementerian Perindustrian dalam rangka pencanangan Hari Kopi Internasional di Indonesia di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis, 1 Oktober 2015.

Menurut Iwan, karakter kopi-kopi Aceh antara lain tingkat keasamannya yang lebih tinggi dan lebih ke karakter gula merah. Sedangkan kopi Sulawesi cenderung lebih manis, lebih earthy dan warnanya lebih coklat dengan rasa floral yang kuat.

Saat ditanya bagaimana cara menikmati kopi yang benar, Iwan mengatakan semua tergantung pada selera masing-masing.

"Kopi kan universal, jadi selera ya, tergantung pada lidah penikmat. Tapi, kalau ingin mendapatkan semua manfaat kesehatannya, tentu harus menikmati kopi tanpa tambahan apapun, seperti gula, susu dan krim. Cukup diseduh dengan air hangat," ujar Iwan. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya