Tujuh Makanan Lezat Khas Malam Tahun Baru di Berbagai Negara

Ilustrasi santapan mi.
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Syuting di Jepang, Morgan Oey Tak Bisa Berhenti Makan
- Acara perayaan apapun tidak lengkap tanpa deretan hidangan lezat. Tentu saja dalam hal ini termasuk perayaan malam Tahun Baru yang hanya tinggal beberapa hari lagi.

Menyantap Kuliner Jepang dan Korea di Satu Tempat
Masyarakat di seluruh penjuru dunia bahkan memiliki sejumlah hidangan tradisional yang biasa mereka nikmati di malam tahun baru. Meski, hidangan-hidangan ini tak jauh berbeda dengan hidangan yang disantap sehari-hari, namun mereka memiliki simbol dan makna tersendiri.

Restoran Konsep Unik Menawarkan Kue Gratis
Berikut ini adalah beberapa makanan lezat khas tahun baru di berbagai negara, seperti dilansir dari laman Mashable.

Spanyol - Anggur

Jika Anda berada di Barcelona, Spanyol pada tanggal 31 Desember 2015 nanti, siap-siap untuk menyantap 12 buah anggur saat tengah malam. Buah anggur memang lazim dikonsumsi masyarakat Spanyol di malam tahun baru sebagai simbol kemakmuran di tahun yang akan datang.

Jerman - Marzipan pigs

Hewan babi menjadi simbol keberuntungan dan kemakmuran bagi masyarakat Jerman. Itu sebabnya, hidangan penutup manis satu ini berbentuk babi. Namun, marzipan pigs sama sekali tidak dibuat menggunakan babi.

AS - Collard greens

Collard greens adalah sayuran berdaun hijau yang termasuk dalam spesies tanaman Brassica oleracea dan mirip dengan sawi. Sayuran ini biasanya direbus atau dimasak dengan daging babi dan diberi bumbu. 

Hidangan tersebut merupakan hidangan tradisional masyarakat AS di malam tahun baru yang menjadi simbol keberuntungan di tahun depan.

Jepang - Soba

Mi khas Negeri Sakura yang terbuat dari tepung buckwheat ini memang lazim dikonsumsi sehari-hari. Namun, 'soba toshikoshi' atau dalam bahasa Jepang berarti 'soba jembatan menuju tahun baru' wajib dikonsumsi di malam tahun baru. 

Soba tersebut merupakan simbol panjang umur karena ukurannya yang panjang dan tipis. Soba ini juga menjadi simbol harapan agar terhindar dari masalah di tahun yang akan datang. 

Biasanya soba toshikoshi disajikan dalam kondisi hangat di dalam mangkuk bersama kaldu gurih dan topping seperti rumput laut kering, bakso ikan dan telur rebus setengah matang.

Polandia - Ikan herring

Ikan herring menjadi simbol rejeki dan kemakmuran di tahun baru karena warna silvernya sama dengan warna koin. Mengonsumsi ikan ini juga menandakan harapan untuk tahun yang gemilang bagi masyarakat Polandia dan Eropa Barat. 

Ikan herring umumnya diolah menjadi acar dengan tambahan irisan bawang bombay atau diberi saus krim.

Skotlandia - Whisky, roti hitam dan shortbread

Ketiganya merupakan bagian dari tradisi 'langkah pertama' menuju Tahun Baru yang dilakukan masyarakat Skotlandia setelah Hogmanay atau perayaan malam Tahun Baru Skotlandia. 

Orang pertama yang masuk ke rumah di Tahun Baru dengan membawa hadiah merupakan simbol keberuntungan di tahun berikutnya. 

Whisky, roti hitam dan shortbread atau kue buah menjadi buah tangan yang biasa dibawa oleh tamu di malam perayaan Tahun Baru. 

Belanda - Oliebollen

Dalam bahasa Belanda, 'oliebollen' berarti 'bola-bola berminyak'. Makanan ini sebenarnya merupakan donat yang berbentuk bundar. 

Cara membuatnya pun hampir sama dengan membuat adonan donat. Namun, banyak orang yang menambahkan irisan apel, kismis atau manisan kulit jeruk ke dalam adonan sebelum menggorengnya di dalam minyak panas. 

Cara menyantapnya adalah dengan menaburkan gula bubuk pada bola-bola donat yang sudah matang. Menyantap oliebollen di malam tahun baru sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Belanda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya