Gunakan Rempah-rempah Ini Saat Masak Makanan India

Bubuk cabai dan lemon
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Kuliner India menjadi salah satu kuliner Asia yang mendunia. Aromatik dan kaya rasa adalah beberapa karakter kuliner negara dengan industri film Bollywood tersebut.

Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah

Menurut Gerald Prinz Executive Chef Cafe Gran Via, cara memasak hidangan India sebenarnya sangat mirip dengan negara-negara seperti Pakistan, Afganistan dan Irak. Negara-negara yang berada di satu kawasan dengan India juga memiliki oven tradisional dari tanah liat yang mirip dengan tandoori di India, namun dengan nama yang berbeda.

Kuliner India juga identik dengan penggunaan rempah yang berani dan hidangan-hidangan yang berwarna-warni. 
Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Lalu, apa rempah yang harus digunakan saat memasak hidangan khas India?
Cara Mudah Bikin Blender dan Mikser Tahan Lama

"Yogurt Greek style yang tanpa rasa, air perasan jeruk lemon, bubuk cabai, bubuk ketumbar, bubuk jintan, jahe, bawang putih, bubuk mustard, biji mustard, minyak mustard dan masih banyak lagi," ujar Prinz.

Ia juga mengatakan bahwa India juga memiliki campuran rempah yang dinamakan mixed spices dan terdiri dari beberapa rempah.

"Salah satunya masala. Itu adalah campuran berbagai rempah. Jadi rasa makanan India juga tergantung dari cara juru masaknya mengombinasikan rempah-rempah," kata Prinz.

Tak hanya digunakan untuk membuat kari, hidangan India yang paling populer, rempah juga digunakan untuk membuat bumbu marinasi daging kambing, ayam, ikan hingga sayuran panggang.

Bumbu marinasi berbasis yoghurt dan bubuk cabai membuat hidangan panggang yang telah matang menjadi berwarna merah.

"Yang kedua adalah yang berwarna hijau, dasarnya yoghurt dan daun mint. Lalu hidanganya yang berwarna kuning itu dimarinasi dengan kunyit," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya