Tips Jitu Memasak Pizza Khas Italia di Dapur Sendiri

Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Sensasi yang dirasakan saat menyantap pizza memang selalu membuat siapapun tak kuat menahan godaan. Apalagi ketika melihat lelehan keju yang menggantung ketika potongan pizza diangkat menggunakan sendok.

Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah

Sebagai salah satu jenis hidangan cepat saji, pizza memang mengandung kalori dan lemak yang cukup tinggi. Padahal, pizza tradisional Italia justru merupakan makanan yang menyehatkan.

Itu karena roti pizza di negeri asalnya dibuat tipis dan diberi topping yang segar juga menyehatkan, mulai dari sayuran, buah-buahan dan daging.

Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Nah, agar Anda bisa menyantap pizza tanpa dibayangi rasa bersalah, mengapa tidak membuatnya sendiri di rumah? Selain jauh lebih menyehatkan, Anda juga dapat berkreasi dengan mengombinasikan ragam topping pizza sesuai selera.

Tak perlu takut gagal, berikut ini adalah tips jitu memasak pizza yang akan membantu Anda, seperti dilansir dari Times of India.

Cara Mudah Bikin Blender dan Mikser Tahan Lama

- Adonan pizza harus didiamkan terlebih dahulu kurang lebih selama dua setengah jam agar mengembang. Untuk itu, jika Anda berencana membuat pizza untuk makan malam, buatlah adonan di pagi hari. Simpan adonan selama delapan hingga 12 jam di dalam lemari es agar mengembang secara perlahan. 

Adonan yang telah mengembang dan dibentuk menjadi bola-bola dapat dibungkus dengan plastik secara terpisah dan dibekukan di dalam lemari es hingga tiga bulan.

- Untuk membentuk adonan, lakukan gerakan menekan berulang-ulang menggunakan tangan, sambil ditarik dan dibentuk hingga berbentuk aonan pizza. Semakin tipis adonan, semaki renyah tekstur pizza setelah matang.

- Saat memberi topping pada pizza buatan Anda, mulai dengan mengoleskan saus di atas adonan. Setelah dioles hingga rata, Anda bisa memulainya dengan sayuran yang lembut seperti bayam dan taburan keju. Selanjutnya, tambahkan rempah segar, sayuran musiman dan protein, seperti daging atau tahu. Terakhir, beri sedikit minyak zaitun agar sayur dan daging benar-benar matang ketika pizza dimasak.

- Anda juga dapat mengombinasikan ragam keju untuk membuat pizza lebih kaya rasa.

- Jangan takut untuk menambahkan berbagai topping baru, contohnya anggur atau nanas untuk cita rasa manis yang alami.

- Sayuran hijau sangat cocok dijadikan topping pizza. Anda bisa memilih bayam muda, daun mint, basil hingga ketumbar.

- Olesi pizza dengan minyak zaitun saat baru dikeluarkan dari oven. Ini akan mencegah pizza mengering sekaligus menambah cita rasanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya