Wajib Tahu, Tips Memilih Kepiting Segar di Pasar

Kepiting.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Memasak seafood atau boga bahari memberikan tantangan tersendiri. Hal tersebut dimulai bahkan ketika Anda pergi ke pasar dan supermarket untuk membeli aneka boga bahari yang akan dimasak di rumah.

Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah

Tak hanya ikan, memilih kepiting pun tak boleh sembarangan. Anda beberapa hal yang wajib Anda ketahui dan ingat, karena sajian kepiting tak akan terasa lezat jika Anda salah memilih kepiting.

Seperti dilansir dari Times of India, jika Anda ingin membeli yang masih hidup, ada baiknya Anda datang ke pasar ikan dan memilih kepiting segar yang baru ditangkap. Jika tidak, pastikan Anda memeriksa gigi kepiting yang terletak di dekat capitnya. Jika warnanya pucat, berarti kemungkinan besar dagingnya pun tidak segar.

Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder
Anda juga harus memilih kepiting yang memiliki gigi pencapit yang tajam dan besar. Jika cangkangnya tidak bernoda dan berwarna cerah, itu berarti kepiting memiliki lebih banyak daging. Itu karena kepiting dengan gigi pencapit yang tajam mengelupaskan kulit cangkang lama mereka dan cenderung memiliki lebih banyak daging.

Cara Mudah Bikin Blender dan Mikser Tahan Lama
Tips lain saat membeli kepiting adalah selalu pilih kepiting yang tidak disimpan di dalam air. Alasannya, kepiting yang diletakkan di dalam air lebih aktif sehingga lebih banyak membakar energi, yang berarti dagingnya pun menyusut.

Kepiting dapat bertahan di luar air jika insang mereka basah. Jadi, pastikan Anda membeli kepiting yang tidak disimpan di dalam air. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya