Kopi Indonesia Digemari Warga Malaysia

Secangkir kopi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kopi Indonesia sejak dahulu sudah terkenal hingga mancanegara. Kali ini, di acara Air Asia Travel 2016, di Eastern Plaza, Tawau, Malaysia, Kementerian Pariwisata tak hanya melakukan branding Wonderful Indonesia dan promosi destinasi wisata Tanah Air, tetapi juga mengenalkan kopi asli Indonesia.

3 Varian Kopi Indonesia Unjuk Gigi di Amsterdam Coffee Festival 2023

Dibuka jam 10.00 pengunjung langsung meminta untuk dibuatkan kopi. Radiv Annaba, Barista asal Jakarta, mengatakan, tak hanya anak-anak, remaja hingga orangtua menggemari citarasa kopi Indonesia.

Dalam pameran tersebut, Radiv menyediakan kopi Enrekang yang berasal dari Sulawesi, kopi Toraja, kopi Mandailing, Sumatera, dan kopi Bali.

Kopi Indonesia Rambah Pasar Balkan Eropa

"Mereka antusias dan suka dengan rasa kopi Indonesia. Ada yang hingga beberapa kali minta dibuatkan. Anak-anak, orangtua, hingga dewasa suka," kata Radiv di sela acara Air Asia Travel 2016, di Eastern Plaza, Tawau, Malaysia.

Kopi yang dia sediakan langsung diracik dari awal, dari kopi dimasukkan ke dalam grainer untuk dihaluskan hingga disaring menjadi kopi hangat yang siap diseduh.

Ketika Kopi Nusantara Jadi Primadona di Istanbul

Kepala Bidang Pameran Khusus dan Meetings Incentives Conferences and Exhibitions Kementerian Pariwisata, Titik Wahyuni mengatakan, selain menarik pengunjung untuk mendatangi booth Kementerian Pariwisata, kehadiran barista yang langsung meracik dan menyeduh kopi juga bertujuan untuk mengenalkan kopi ke wisatawan mancanegara.

"Selama ini kopi asal Indonesia itu banyak dan memiliki cita rasa khas dibandingkan negara lainnya, tetapi belum memiliki brand yang kuat. Ini tujuannya Kemenpar menghadirkan kopi di booth, agar pengunjung bisa merasakan. Sehingga, mereka bisa paham bahwa Indonesia tidak hanya memiliki destinasi wisata yang indah," kata Titik.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya