Ketahui Sejumlah Manfaat Mengonsumsi Kurma di Bulan Puasa

Ilustrasi kurma.
Sumber :

VIVA.co.id – Buah kurma merupakan buah manis yang berasal dari Timur Tengah. Selain rasanya yang manis, kurma juga terkenal akan kandungannya yang menyehatkan.

Manfaat Kurma, dari Kesehatan Jantung Hingga Seksualitas

Kandungan yang terdapat dalam buah ini mampu mencegah dan mengatasi berbagai jenis penyakit pada tubuh manusia. Beberapa zat yang terdapat dalam buah berwarna coklat ini, seperti vitamin C,  mineral, selenium, mangan, magnesium dan kalium.

Vitamin c dapat mengatasi berbagai gangguan sariawan dan gangguan pencernaan. Sementara mineral, selenium, mangan dan magnesium dan kalium mampu menjaga kekuatan tulang. Karena banyak manfaat yang dikandungnya, buah ini menjadi salah satu yang sangat digemari untuk santapan saat berbuka puasa, karena dapat memenuhi kebutuhan gizi.

6 Menu Ramadan Khas Dubai, Nomor 5 Populer di Indonesia

Mengonsumsi kurma dapat mengembalikan energi yang hilang saat beraktivitas. Buah ini secara efektif dapat mengeluarkan kotoran yang menumpuk di usus. Selain itu, juga dapat menyingkirkan kolesterol jahat.

"Semua orang mungkin telah tahu manfaat dari kurma, namun kurma kini tidak hanya dikonsumsi saat puasa saja, untuk hari biasa pun bisa dikonsumsi. Meski sulit didapat ketika bukan hari puasa, Anda bisa mencoba makanan dan minuman yang berbahan sari kurma," ujar Direktur PT Kieran Bahari Aksara, Denny Liaw saat ditemui pada peluncuran Nafoura Kurma Water di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 2 Juni 2016.

Harees, Bubur Daging Khas Arab yang Populer Saat Ramadan

Dia menambahkan bahwa mengonsumsi kurma 3-5 biji dalam sehari juga dapat meningkatkan konsentrasi otak. Dengan mengetahui sejumlah manfaat kurma, Anda dapat senantiasa menjaga kesehatan secara alami dengan rajin mengonsumsi buah ini setiap hari.

Buah ini diyakini berasal di sekitar Teluk Persia dan sudah menjadi makanan pokok di Timur Tengah sejak ribuan tahun lalu. Sementara masyarakat Mesir Kuno menggunakan buah ini menjadi anggur kurma dan memakannya saat panen. (ase)

Ilustrasi kurma

Makan Kurma 3 Buah Sehari dalam Sepekan, Ajaib Manfaatnya

Kurma sendiri diyakini memiliki khasiat yang baik untuk tubuh.

img_title
VIVA.co.id
21 Mei 2019