Tips Mudik Anti Stres Bareng Si Kecil

Ilustrasi stroller bayi
Sumber :
  • Pixabay/Kaz

VIVA.co.id – Berencana mudik dengan si kecil yang masih batita, tetapi takut ia rewel? Yuk, siapkan beberapa tips anti-stres ini untuk buah hati Anda.

Tips Mudik Nyaman Saat Membawa Balita dan Anak di Bawah Umur

Dikutip dari laman Parenting, Rabu 8 Juni 2016, banyaknya hal yang perlu dipersiapkan untuk si kecil, pastinya membuat Anda sedikit stres. Namun, sebenarnya bepergian bersama bayi mungil Anda bisa jadi hal yang sangat menyenangkan.

"Keuntungan bepergian dengan batita adalah mereka masih belum banyak berjalan," ujar Shelly Rivoli, penulis buku Travels with Baby. Berikut ini, beberapa persiapan anti-stres untuk Anda.

Tips Mudik Nyaman Bersama Balita

Tas ‘pintar'

Rencanakan tas ‘pintar' saat Anda bepergian. Tas ini berisi popok dan baju, setidaknya untuk jangka tiga hari. Popok sangat dibutuhkan di perjalanan, karena biasanya setiap satu jam sekali, si kecil minta untuk ganti popok. Sediakan juga tisu basah, atau lap bersih untuk menghindari kemungkinan si kecil muntah dan mengotori berbagai hal.

Tips Simpan Bahan Makanan di Kulkas dan Cara Menghangatkannya

Tidak lupa persiapkan ASI bagi anak yang masih berusia bawah enam bulan, dan minuman secukupnya untuk usia lebih dari enam bulan. Untuk Anda yang bepergian dengan pesawat, hal tersebut sangat berguna, agar menghindari nyeri telinga dari tekanan kabin pesawat.

Persiapkan kondisi si kecil

Pastikan vaksin untuk sang buah hati sudah diberikan dan minta dokter anak untuk memberikan vaksin flu. J.J Levenstein M.D., dokter anak yang berbasis di Los Angeles menjelaskan bahwa saat bepergian, vaksin flu pada anak adalah pertahan pertamanya untuk menghindari penyakit lainnya. Ia juga menyarankan untuk membawa beberapa obat-obatan yang dibutuhkan bayi Anda.

Relaksasi

Dalam perjalanan darat, sebisa mungkin sempatkan waktu untuk beristirahat sejenak di tempat peristirahatan yang tersedia. Disarankan untuk berhenti dan beristirahat selama dua hingga empat jam, agar Anda bisa meregangkan tubuh dan menghindari stres. Baik juga untuk si kecil, agar mendapatkan ruang untuk bergerak di tempat peristirahatan yang ada.

Stroller

Adalah sebuah keharusan membawa stroller untuk si kecil. Stroller dapat mempermudah Anda saat situasi mengharuskan Anda tidak menggendong si kecil, misal saat Anda harus ke toilet. Mungkin Anda ingin membawa benda-benda besar lainnya, namun stroller adalah satu hal yang paling penting yang tidak boleh Anda lupakan.

Baju siap pakai

Usahakan membawa baju yang mudah digunakan, piyama yang pas untuk bepergian, ataupun baju hangat yang tidak menyulitkan si kecil saat hendak memakainya. Karena, hal tersebut sangat dibutuhkan saat Anda mengganti popok si kecil. Tidak perlu melakukan gerakan yang sulit lagi untuk mengganti popoknya, saat semua pakaiannya mudah dilepas dan dipasang kembali. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya