Tips Mudik Nyaman Saat Membawa Balita dan Anak di Bawah Umur

Ilustrasi mudik
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Parenting – Dalam hitungan beberapa hari ke depan umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Idul Fitri 1444H. Salah satu tradisi di Indonesia yang tak lepas dari perayaan hari raya ini adalah mudik. Mudik di tahun ini diketahui cukup spesial lantaran setelah dua tahun belakangan ini masyarakat tidak bisa melaksanakan mudik lantaran pandemi COVID-19.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Pasca penghapusan peraturan PPKM di akhir tahun 2022 lalu, masyarakat sudah mulai berbondong-bondong untuk mudik, bersilaturahmi bertemu sanak saudara. Bahkan, Kementerian Perhubungan telah memprediksi akan ada 123,8 juta pemudik di tahun ini.

Berbicara mudik, tentu ada berbagai persiapan yang perlu dilakukan terutama bagi orang tua yang memiliki anak kecil. Lalu, apa saja yang perlu Anda persiapkan agar perjalanan nyaman sekaligus menyenangkan tanpa terkendala masalah apapun? Berikut ini tips yang bisa diikuti.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

1. Pemilihan transportasi

Seorang masinis KRL Solo-Jogja bersiap memberangkatkan kereta yang dia kemudikan.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Mengingat telah ditemukannya dua kasus subvarian baru Arcturus, ada baiknya Anda memilih untuk tetap menggunakan transportasi pribadi seperti mobil. Namun jika ingin menggunakan transportasi umum seperti kereta api, bus, perahu atau pesawat pastikan untuk tetap menjaga hyginitas anak-anak.

Menggunakan transportasi umum diketahui memang nyaman, selain mengurangi lelah saat menyetir, menggunakan transportasi umum seperti kereta, bus, hingga perahu secara tidak langsung akan lebih fokus memberikan pengetahuan kepada anak tentang keindahan alam yang bisa ditemukan sepanjang jalan.

Atau jika ingin menggunakan kereta api akan membantu anak, mengingat nama-nama stasiun besar yang dilewati untuk mencapai destinasi tujuan. Dan hal itu menjadi sesuatu yang menyenangkan  bagi anak.

2. Membawa tas tangan berisi antiseptik

Handsanitizer

Photo :
  • vstory

Tisu antibakteri dan pembersih tangan merupakan kebutuhan yang harus dibawa dalam tas tangan. Tisu anti bakteri nantinya akan memudahkan Anda membersihkan alat makan di restoran (jika Anda tidak yakin dengan kebersihan restoran), atau menyemprotkan pembersih tangan saat tidak ada fasilitas cuci tangan. Hingga mencegah balita terpapar kuman, virus dan bakteri di tempat umum.

3. Membawa obat-obatan

Ilustrasi Kotak P3K

Photo :
  • Pixabay/ Peggy_Marco

Obat-obatan wajib masuk dalam daftar perjalanan Anda mengingat terkadang akibat kelelahan (jetleg), makan yang kurang sehat bisa menyebabkan mereka sakit saat perjalanan. Dan menyebabkan perjalanan menjadi kurang menyenangkan. Untuk mencegah hal tersebut beberapa obat seperti obat paracetamol, plester, antihistamin dan sachet sirup penghilang rasa sakit bisa Anda bawa.

4.  Bawa beberapa permainan untuk menghilangkan kebosanan

Ilustrasi mainan anak

Photo :
  • Pixabay/Inspiredimages

Jika Anda melakukan perjalanan yang panjang, dan membawa anak kecil tidak menutup kemungkinan mereka akan bosan. Untuk itu, berikan mereka koleksi mainan setiap satu jam sekali.

Teka-teki genggam, buku mewarnai kecil, stiker, hingga menyusun kata bisa dibawa untuk dihabiskan selama penerbangan panjang atau perjalanan darat menggunakan mobil, bus atau kereta api.

5. Bawa tisu bayi

Ilustrasi tisu basah

Photo :
  • Pixabay/niekverlaan

Tisu bayi berguna untuk mencuci tangan, membersihkan kursi toilet, dan membersihkan meja restoran. Tidak hanya itu, botol kecil pembersih tangan bisa menjadi penyelamat hidup di beberapa negara, tetapi periksa peraturan perjalanan untuk cairan jauh sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya