Antre Sejak Jam 10 Pagi Demi Asinan Kamboja Legendaris

Asinan Betawi H. Mansyur
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane Sahputri

VIVA.co.id – Hidangan bercita rasa asam dan pedas memang kurang ideal disantap untuk berbuka puasa. Namun, tampaknya asinan Betawi yang dijual H. Mansyur masuk ke dalam daftar pengecualian. Ya, di bulan puasa ini, kedai asinan yang terletak di Jalan Taman Kamboja III, Rawamangun, Jati, Pulo Gadung, Jakarta Timur tersebut tak pernah sepi, bahkan sudah diserbu pembeli sejak pukul 10.00 WIB.

Menikmati Kelezatan Asinan Betawi H. Mansyur di Rawamangun

Antrean puluhan pembeli mengular hingga ke halaman kedai. Sebagian di antaranya merupakan pelanggan tetap yang ketagihan dengan cita rasa asinan racikan H. Mansyur. Sebagian lainnya mengaku penasaran akan kelezatan asinan populer di Ibu kota ini.

Hidangan yang terkenal dengan sebutan asinan kamboja tersebut memang sudah menjadi favorit warga Jakarta sejak tahun 1970-an. Asinan Betawi yang ditawarkan di sini yakni asinan sayur dan asinan buah.

RESEP: Sajian Lebaran Istimewa, Bolu Gulung Krim Stroberi

"Saya baru pertama ke sini. Penasaran karena teman banyak yang bilang enak di sini," ujar salah seorang pembeli yang sedang mengantre saat ditemui VIVA.co.id, Kamis 9 Juni 2016.

Ayu, salah seorang karyawan di kedai ini mengaku bahwa asinan ini adalah usaha keluarga. "Pemiliknya memang H. Mansyur (Alm). Sekarang sudah jadi usaha keluarga, jadi karyawannya juga 12 orang dari keluarga semua," ujar Ayu di sela-sela kerepotannya menyiapkan asinan.

Tips Membuat Kue Lebaran Anti Gagal

Ia memaparkan, biasanya ia menjajakan seribu porsi asinan sayur saat bulan puasa. Sejak pertama dibuka, memang asinan sayur adalah hidangan utamanya.

"Awalnya hanya asinan sayur. Tahun 1990-an baru mulai bikin asinan buah," ujarnya.

Asinan kamboja ini terletak di sebuah perumahan dengan tempat yang sederhana namun mampu menyedot ratusan pembeli setiap harinya. Bahkan, asinan yang fenomenal ini sudah terkenal hingga ke luar kota dan bahkan luar negeri.

"Kita punya relasi yang jualan selain di Jakarta, dari Sabang sampai Merauke. Ada juga Belanda bahkan Hong Kong," kata Ayu.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/06/09/575953f15931b-asinan-betawi-h-mansyur_663_382.jpg

Ayu menjelaskan bahwa pengunjung harus antri sedemikian lamanya karena proses pembuatan bumbu kacang yang cukup lama untuk asinan sayur. Berbeda dengan asinan buah yang bisa dengan cepat dibeli karena tidak membutuhkan bumbu kacang.

"Rasanya asinan sayur yang bikin nagih itu karena bumbu kacangnya. Kacangnya harus kita haluskan biar lebih enak, makanya lama prosesnya," ujarnya.

Rasa asinan kamboja yang fenomenal ini yakni asam, manis dan pedas, ditambah sensasi bumbu kacangnya yang gurih ternyata mampu menyedot artis bahkan pejabat Ibukota.

"Sering yang beliin buat artis siapa misalnya. Baru-baru ini juga ada yang beli katanya anak buahnya Ahok. Dia beli 15 porsi asinan sayur," kata Ayu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya