Tujuh Cara Mudah Memulai Hidup Sehat

Ilustrasi tidur
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Semua orang ingin sehat, namun sebagian berat untuk menjalani hidup sehat. Mereka menganggap memulai hidup sehat cukup sulit, sehingga malam memulainya.   

Tips Jalani Pola Hidup Sehat untuk Cegah Sakit Batu Ginjal

Kenyataannya, untuk menjalani hidup sehat, cukup dimulai dengan tujuh langkah mudah dalam sepekan. Dengan melakukannya secara rutin, maka hidup sehat akan menjadi kebiasaan, seperti yang dilakukan Melanie Kristanto, Direktur Komunikasi Shangri-La Hotel.

"Lakukan tujuh cara mudah selama tujuh hari, nantinya orang akan terbiasa melakukan hal tersebut," ujar dia saat ditemui awak media di acara Global Wellness Day, Jakarta, Selasa, 14 Juni 2016.

Inginkan Hidup Sehat & Bahagia, dr Cissie Nugraha Ungkap Rahasianya

Tujuh cara mudah yang dilakoninya, yakni berjalan santai selama satu jam, minum air mineral sesuai kebutuhan tubuh dan tidak menggunakan botol plastik, makan makanan dari bahan organik. Selain itu, melakukan hal bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain, makan malam bersama keluarga, serta tidur pukul 22.00 WIB.

"Sebenarnya cara-cara tersebut hal kecil, tapi kalau dilakukan, sangat baik untuk tubuh kita," papar dia.

11 Tips Hidup Sehat Supaya Terhindar dari Penyakit Menurut WHO

Melanie menambahkan, minum air mineral sebanyak delapan gelas setiap hari sangat membantu tubuh memenuhi kebutuhan cairan agar tidak mengalami dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa. Sementara mengonsumsi makanan yang berasal dari sayur dan buah organik juga lebih sehat dan dapat membantu tubuh mencukupi kebutuhan cairannya.

"Sebanyak 80 persen tubuh manusia mencakup air, jadi harus minum air mineral yang cukup. Sayur dan buah organik juga penting untuk mengisi cairan tubuh," ujar dia.

Menurut wanita yang hobi olahraga tersebut, kunci yang membuat tujuh cara tersebut akan menjadi lebih ringan untuk dijalankan adalah kedisiplinan. Jika Anda disiplin melakukan lima langkah ini, maka perlahan akan menjadi kebiasaan yang tak perlu lagi dipaksakan harus dilakukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya