Lima Tips Bersihkan Jok Mobil Saat Mudik Bersama Si Kecil

Ilustrasi berlibur membawa bayi.
Sumber :
  • Pixabay/Tammydz

VIVA.co.id – Mengawasi anak kecil yang cenderung aktif saat mudik terbilang cukup menguras tenaga. Apalagi ketika si kecil mulai bosan di perjalanan. Tak jarang Anda pun kewalahan ketika sang buah hati membuat kursi mobil berantakan akibat makanannya yang berjatuhan.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Sebelum panik dan stres dengan tampilan mobil yang seperti kapal pecah akibat tumpahan makanan si kecil, ketahui beberapa tips mudah dan sederhana untuk membersihkan kursi mobil Anda di perjalanan mudik, seperti dilansir dari ohbabymagazine.

Keamanan

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Pastikan terlebih dahulu alat dan produk yang Anda gunakan untuk membersihkan kursi mobil tidak mengandung bahan kimia berbahaya bagi si kecil.

Kain basah

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Usahakan tidak membongkar kursi mobil dan tidak mencucinya dengan mesin cuci. Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan dan berpotensi merusak kursi mobil. Sebaiknya, gunakan kain basah untuk membersihkan bagian-bagian yang kotor.

Air hangat

Campurkan dua gelas air hangat dengan satu sendok makan detergen. Larutan ini sangat berguna untuk menghilangkan beberapa noda-noda yang menempel di kursi mobil.

Bersihkan bagian yang mudah dijangkau

Bersihkan terlebih dahulu tumpahan makanan yang ada dengan sikat halus lalu aplikasikan sabun untuk membersihkan area tersebut dengan tetap menggunakan sikat halus. Diamkan selama kurang lebih satu menit, kemudian bersihkan dengan handuk kering yang bersih.

Jika masih merasa kesulitan, Anda bisa langsung memasukan air dengan sabun dalam satu botol dan langsung diaplikasikan ke kursi. Ulangi hingga terasa cukup bersih dan wangi.

Air semprotan alami

Lakukan langkah ekstra ini untuk membuat secara alami air semprotan dari bahan-bahan alami. Misalnya, isi sebotol semprotan dengan air dan cuka, lalu tambahkan setengah sendok minyak esensial. Kombinasi cairan alami tersebut untuk menghindari efek dari bahan kimia seperti sabun yang bisa saja menimbulkan alergi pada si kecil.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya