Intip Beragam Cara Mengolah Sosis di Seluruh Dunia

Sosis.
Sumber :
  • Pixabay/jarmoluk

VIVA.co.id – Sosis dikonsumsi di hampir seluruh negara di dunia. Biasanya sosis terbuat dari daging sapi, ayam atau babi. Daging umumnya dihaluskan dan dicampur dengan garam, lada serta tepung roti kemudian dibungkus oleh sebuah lapisan seperti kulit. Makanan ini lantas diolah dengan berbagai cara seperti diasap, dipanggang, digoreng, dikeringkan dan masih banyak lagi. Ada pula sosis instan yang dapat dikonsumsi tanpa perlu dimasak.

Bahaya Dibalik Nikmatnya Konsumsi Nugget, Sosis hingga Kornet Saat Sahur

Di kebanyakan restoran, sosis asap biasanya dimasak atau diasap terlebih dahulu. Beberapa sosis yang populer di dunia seperti chorizo, peperoni, salami dan mortadella biasanya terdiri dari daging dan sedikit tepung Praha, yang berguna untuk mengawetkan sosis. Untuk sosis segar biasanya tidak menggunakan pengawet dan diasap di alat pengasap yang suhunya lebih rendah.

Sosis sangat populer di seluruh belahan dunia. Namun, setiap negara tentu memiliki cara berbeda dalam mengolah dan menyajikan sosis. Berikut beberapa diantaranya, dilansir dari Huffington Post.

Makanan yang Harus Dihindari di Usia 40-an, Nomor Dua Paling Susah

Eropa

Di negara-negara di benua Eropa, sosis diolah dengan cara yang berbeda-beda.  Di Inggris dan Irlandia, sosis daging mentah dan segar sudah termasuk dalam santapan sehari-hari di sana. Di Italia, sosis biasanya terbuat dari daging babi dan dikeringkan. Aneka ragam sosis lebih banyak ditemukan di Jerman, mulai dari sosis wiener, bratwurst, knockwurst dan bockwourst.

Viral Bento Berwajah Seram Seperti Setan, Cocok Buat Kreasi Bekal Makan

Amerika Latin

Aneka jenis sosis dengan berbagai resep dapat ditemukan di sini. Mulai dari sosis morcilla, chorizo dan salchichas. Sosis yang paling mudah ditemukan di sini adalah sosis chorizo. Chorizo juga memiliki variasi. Di Meksiko, chorizo biasanya berwarna merah pekat, sedangkan di Amerika Latin biasanya tidak memiliki warna.

Asia

Negara Asia yang terkenal dengan konsumsi sosisnya adalah Thailand. Negara ini memproduksi banyak sekali jenis sosis. Sai ua adalah sosis babi cincang yang disajikan dengan saus kari. Panganan ini cukup populer di daerah Thailand bagian utara. Di daerah Thailand bagian timur laut, hidangan sosis yang terkenal adalah sai krok isan. Isan merupakan sosis fermentasi dengan rasa asam yang khas. Di negara asalnya, biasanya sosis dinikmati dengan nasi yang lembek, sayuran segar dan sambal khas Thailand.

Amerika Utara

Amerika Utara adalah rumah dari berbagai jenis sosis. Terdapat dua sosis yang terkenal dari daerah ini yaitu sosis untuk sarapan dan sosis andouille. Sosis yang dikonsumsi untuk sarapan biasanya merupakan sosis segar dan diiris menjadi bagian yang lebih kecil menyerupai patty, kemudian dimasak atau bisa juga diolah berbarengan dengan telur. Sosis andouille berasal dari daerah Louisiana. Umumnya, sosis ini terbuat dari daging babi dan memiliki rasa yang pedas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya