Bahaya Dibalik Nikmatnya Konsumsi Nugget, Sosis hingga Kornet Saat Sahur

Ilustrasi nugget.
Sumber :
  • Pixabay/bykst

JAKARTA  – Makanan cepat saji juga frozen food mulai dari mi instan, kornet, nugget hingga sosis menjadi salah satu alternatif menu sahur bagi sebagian orang. Beberapa dari mereka memilih untuk memasak makanan jenis tersebut lantaran berbagai alasan, salah satunya praktis dan cepat untuk disajikan. Apalagi, buat mereka yang sering mengalami telat bangun untuk sahur.  

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Ya makanan jenis tersebut diketahui memang lebih mudah dan lebih cepat dimasak yakni kurang dari 10 menit. Namun siapa sangka kebiasaan makan makanan tersebut saat sahur ternyata bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Kok bisa?

Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Herendra Medishita, Sp.JO (K) FIHA menjelaskan bahwa makanan yang diproses seperti nugget, sosis, kornet hingga mi instan adalah makanan yang telah mengalami proses pemanasan dan kemudian dibekukan sebelum akhirnya dikonsumsi. Pada saat diawetkan itu kata Herendra akan ada penambahan pengawet yakni natrium benzoat atau garam sehingga makanan tersebut bisa bertahan dalam jumlah waktu yang lama. 

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Penggunaan atau penambahan komponen garam itu diketahui bisa meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

"Hampir semua makanan yang diproses itu meningkatkan kadar natrium yang akan meningkatkan tekanan darah kita," kata dia  dalam program Hidup Sehat tvOne, Kamis 21 Maret 2024.

Lebih lanjut, makanan proses seperti nugget, kornet, bakso hingga sosis juga biasanya akan ditambahkan dengan lemak. Lemak ini dimaksudkan agar cita rasa makanan proses tersebut menjadi lebih nikmat. Alhasil lemak yang ditambahkan dalam makanan proses tersebut bisa berdampak pada peningkatan kalori dalam tubuh.

"Nugget kita makannya enggak makan satu, kadang-kadang saat sahur kita sudah surplus kalori sehingga biasanya tidur akhirnya surplus kalori tidak terbakar menjadi kalori itu mengapa pas puasa makanan berproses harus dihindari," jelasnya.

Tak hanya itu saja, makanan proses seperti nugget, sosis, bakso hingga kornet mengandung lemak jenuh yang dapat diserap dengan cepat oleh usus. Sehingga kadar lemak jahat beredar di dalam tubuh lebih cepat menjadi LDL. 

 “Lemak jenuh yang ada di makanan proses seperti kornet itu akan sangat cepat diserap oleh usus dan beredar di dalam tubuh jadi LDL. udah mager, enggak kebakar numpuk di sana,” kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya