Tertulis di Alquran, 6 Buah Ini Punya Khasiat Luar Biasa untuk Singkirkan Penyakit

Buah delima.
Sumber :
  • spirit.web.id

VIVA Lifestyle – Kitab suci Alquran tidak hanya menjelaskan baik dan buruknya tindakan umat Islam saja, melainkan penjelasan manfaat kesehatan dari sejumlah hal juga dituangkan di kitab ini.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Pengetahuan ini termasuk kebaikan dari sejumlah buah yang ternyata sudah dijelaskan di dalam Alquran dan ternyata memiliki khasiat yang sungguh luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Scroll untuk baca artikel selengkapnya berikut ini.

Buah Tertulis di Alquran

Pinjam Uang di Bank Syariah Apakah Riba? Ini Penjelasan Buya Yahya

Khasiat dari sejumlah buah, rupanya telah dituliskan sejak masa lalu di dalam Alquran. Sebagai sumber bagi segala kebutuhan manusia, ternyata di dalam Alquran juga mencantumkan beberapa buah yang baik untuk dikonsumsi.

Buah yang akan kami bagikan berikut ini tertulis memiliki manfaat hebat secara ilmiah. Berikut sejumlah buah yang disebut di Alquran dengan kandungan manfaat kesehatan luar biasa di dalamnya, dilansir dari berbagai sumber. Apa saja?

Viral Seorang Pria Jadi Mualaf Setelah Lakukan Hal Unik Ini di Masjid

Delima

Pertama ada buah delima, tertuang dalam Surah Ar-Rahman ayat: 68, Al-Quran berbicara tentang dua taman surga dengan mengatakan: "Di dalam kedua surga itu ada buah-buahan, kurma dan delima."

Delima sangat tinggi vitamin C yang berperan dalam pembentukan kolagen untuk menjaga otot, tulang, dan kulit, serta menjadi pemain kunci dalam penyerapan zat besi!

Kurma

Buah kurma.

Photo :
  • http://www.dubayblog.com

Buah berikutnya ada kurma. Buah ini disebutkan beberapa kali dalam Alquran dan dianggap sebagai makanan yang diberkahi. Kurma mengandung banyak nutrisi seperti serat, gula alami, vitamin, dan mineral, sehingga baik untuk pencernaan dan meningkatkan energi.

Flavonoid di dalam kurma berkhasiat untuk menurunkan risiko diabetes, Alzheimer, dan beberapa jenis kanker. Karotenoid dalam kurma bermanfaat untuk menyehatkan jantung dan mencegah gangguan penglihatan. Konsumsi kurma juga bisa membantu menguatkan tulang serta menjadi alternatif pemanis yang lebih sehat daripada gula.

Buah Tin

Buah Tin atau Ara.

Photo :
  • Viva.co.id/Anisa Widiarini

Buah tin juga termasuk salah satu buah yang disebutkan dalam beberapa surat Alquran dan dianggap sebagai buah yang bermanfaat untuk kesehatan. Tin mengandung serat, mineral, dan vitamin yang membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi risiko beberapa penyakit.

Al-Qur'an memiliki satu bab khusus yang bernama Surah At-Tin yang artinya Buah Tin. 

"Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun," demikian bunyi surat At Tin ayat 1.

Buah tin atau buah ara sangat tinggi serat, yang membantu menjaga kadar gula darah dan kadar kolesterol yang sehat. Buah ara yang dalam bahasa Inggris disebut fig juga mengandung magnesium, kalsium, potasium, dan karotin yang semuanya dibutuhkan tubuh.

Zaitun

Minyak Zaitun.

Photo :
  • http://www.nemukabar.com/2014/04/minyak-zaitun-kandungan-dan-manfaatnya.html

Dalam Surat Al Mu'minun ayat 20, Alquran memberitahu tentang buah-buahan yang harus dimakan, dan berbicara tentang pohon zaitun yang tumbuh di Gunung Sinai yang menyediakan minyak dan bumbu untuk dimakan.

Zaitun dan minyak zaitun disebutkan dalam Alquran sebagai "pohon yang diberkahi" (Surat An-Nur ayat 35). Zaitun mengandung antioksidan, vitamin E, dan lemak sehat, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh.

Banyak orang memilih minyak zaitun sebagai pilihan lemak yang baik. Buahnya sendiri juga baik untuk dijadikan bumbu masakan. Zaitun juga memiliki asam lemak esensial yang bagus untuk fungsi jantung dan otak, serta polifenol yang memiliki sifat antioksidan.

Pisang

Pisang

Photo :
  • Eat This

Di dalam surah Al-Waqiah ayat 29, Allah rupanya telah menyebutkan buah pisang sebagai buah yang bersusun-susun.

"Dan orang-orang yang benar, betapa diberkatinya mereka! Mereka akan berada di tengah-tengah pohon bidara yang tidak berduri, rumpun-rumpun pisang, naungan yang luas, air yang mengalir, buah-buahan yang melimpah, tidak pernah pada musimnya, dan tidak terlarang" (QS Al Waqiah 27-33)

Alquran menyebutkan secara umum tentang buah-buahan yang dimakan oleh orang-orang di surga, dan secara khusus disebutkan tentang pisang yang memberi tahu kita bahwa pisang termasuk buah yang diberkahi. Pisang adalah tambahan yang bagus untuk sarapan atau camilan pagi karena dikemas dengan potasium, serat, vitamin C, magnesium, dan folat.

Pisang juga mengandung beberapa jenis antioksidan kuat, termasuk flavonoid dan amina. Antioksidan ini punya banyak manfaat kesehatan, seperti penurunan risiko penyakit jantung dan penyakit degeneratif.

Anggur

Ilustrasi buah anggur.

Photo :
  • Pixabay

Dalam Surat Al Mu'minun 3 ayat: 19-20, Al-Qur'an mengatakan kepada umatnya:

"Dengan air itu kami tumbuhkan bagimu kebun-kebun kurma dan anggur, yang di dalamnya terdapat buah-buahan yang banyak, dan darinya kamu boleh makan."

Anggur sangat populer karena memiliki manfaat luar biasa, karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Anggur mengandung flavonoid yang telah terbukti bermanfaat dalam menangkal kerusakan oksidatif yang bahkan dikaitkan dalam beberapa penelitian memiliki sifat melawan kanker.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya