5 Manfaat Timun Suri bagi Kesehatan, Buah Favorit yang Selalu Ada Setiap Bulan Puasa

Permintaan Timun Suri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Saat tiba waktu buka puasa, lebih enak jika menikmati timun suri sebagai takjil. Es timun suri adalah salah satu pilihan buka puasa yang sangat disukai banyak orang. Tak mengherankan bahwa selama bulan Ramadhan, banyak pedagang timun suri bermunculan di pinggir jalan.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Kelompok Cucurbitaceae mencakup buah timun suri. Buah lonjong ini memiliki kulit kekuningan dan buahnya berwarna orange muda.

Petani memanen buah timun suri di Pinang, Tangerang, Banten, Senin, 6 Mei 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Timun suri tidak hanya enak untuk dimakan saat buka puasa, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Para ahli kesehatan telah menjelaskan banyak manfaatnya bagi tubuh manusia.  Buah ini memberikan banyak nutrisi untuk tubuh, terutama vitamin dan mineral. Di antaranya adalah magnesium, asam linoleat, glukosa, fruktosa, dan vitamin A.

Dilansir dari Pyfahealth pada Kamis, 21 Maret 2024, berikut manfaat buah timun suri bagi kesehatan tubuh manusia : 

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

1. Tingkatkan Asupan Cairan Tubuh 

Timun suri sangat disukai selama bulan puasa karena rasanya yang menyegarkan, lembut di lidah, dan hambar. Buah timun suri biasanya dicampur dan diaduk dengan sirup dan susu. Tetapi yang paling penting adalah timun suri kaya akan air.

Selama berpuasa, Anda akan kehilangan banyak cairan tubuh karena tidak makan dan minum selama  dua belas hingga tiga belas jam sehari. Untuk menggantikan kehilangan cairan ini, anda dapat makan timun suri saat buka puasa.

2. Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Timun suri, yang kaya akan serat dapat mencegah dan mengatasi sembelit. Serat yang terkandung dalam timun suri dan konsumsi air putih yang cukup akan membuat feses menjadi lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan dari tubuh sehingga bisa mencegah sembelit. Selain itu, anda dapat mengonsumsi sekitar 20  hingga 30 gram serat setiap hari dengan mengonsumsi timun suri.

3. Menurunkan Risiko Berbagai Penyakit 

Timun suri mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Dengan menggunakan bahan aktif ini, sel-sel tubuh dilindungi dari radikal bebas, yang merupakan molekul berbahaya yang diciptakan tubuh saat memecah makanan, asap rokok, atau paparan sinar matahari.

Paparan radikal bebas pada tubuh dapat menyebabkan peradangan, yang meningkatkan risiko jantung, kanker, dan gangguan mata. Anda dapat menghindari berbagai penyakit dengan makan timun suri secara teratur.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Timun suri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya membantu mencegah penumpukan kolesterol. Selain itu, kandungan cucurbitacin dalam timun suri menurunkan risiko aterosklerosis atau pembentukan plak di dinding pembuluh arteri jantung, yang merupakan kondisi yang berbahaya bagi jantung.

Timun Suri

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

5. Mencegah Diabetes

Timun suri termasuk dalam keluarga Cucurbitaceae dan mengandung zat Cucurbita ficifolia yang dapat mencegah kenaikan drastis kadar gula darah dalam tubuh. Karena itu, karena mengandung indeks glikemik rendah, timun suri aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya