Omega 3 Sulit Didapat dari Protein Hewani Binatang Darat, Dokter: Konsumsi Ikan atau Udang

Ilustrasi ikan tenggiri
Sumber :
  • pixabay

JOMBANG – Pertumbuhan anak-anak sangat dipengaruhi oleh pola makan dan nutrisi. Makanan berbasis boga bahari (seafood) adalah salah satu jenis makanan yang memiliki banyak nutrisi.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Oki Yonatan O, Sp.GK, menjelaskan, seafood tinggi protein, Omega 3, dan mineral serta rendah kolesterol, yang baik untuk tubuh terutama dalam masa penyembuhan dan pembentukan otot. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

"Porsi makanan gizi seimbang sebaiknya terdiri dari dua per tiga makanan pokok dengan sepertiga protein, bisa nabati atau hewani. Namun, apabila memungkinkan sebaiknya konsumsi protein hewani seperti ikan atau seafood, ayam, dan daging," ujar dr. Oki dalam keterangannya, dikutip Rabu 20 Maret 2024. 

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Lebih lanjut menurut dokter Oki, sumber omega 3 sulit didapat dari protein hewani binatang darat. 

"Jadi akan baik kalau kita bisa dapatkan Omega-3 ini dari ikan atau udang," ungkapnya. 

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Seafood

Photo :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

Berangkat dari hal tersebut, program GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) melalui program Fiesta Seafood School to School dan Shifudo School to School, digelar di awal tahun 2024 untuk mengedukasi masyarakat khususnya anak-anak siswa Sekolah Dasar, dalam upaya peningkatan konsumsi makanan berbasis boga bahari.

Anjani Miranti Putri selaku Head of Marketing CP Prima Seafood, mengatakan, produk olahan berbasis boga bahari dapat menjadi alternatif asupan protein sejak usia dini. Terlebih, nutrisi dari ikan dan seafood, memiliki kandungan Omega 3 yang baik untuk kecerdasan anak. 

"Di awal tahun 2024 ini, kami telah mengedukasi lebih dari 10.000 siswa di Jabodetabek sebagai bagian dari kampanye 'Ayo Makan Seafood' bertepatan sebelum momen puasa Ramadhan. Harapan kami melalui kampanye ini, anak-anak semakin memahami pentingnya gizi seimbang yang berasal dari protein ikan dan olahan boga bahari (seafood)," ujarnya.

"Kami sangat mendukung program Pemerintah sekaligus sebagai bentuk kepedulian terhadap peningkatan kualitas dan kecerdasan anak-anak Indonesia sebagai aset bangsa yang perlu diperhatikan asupan gizinya. Seafood juga bisa menjadi alternatif terbaik untuk masakan di rumah bersama keluarga selama bulan Puasa," sambungnya.

Di sela acara di sekolah SDN 01 Jombang, perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ikut mengisi materi Program Fiesta Seafood School-to-School dan Shifudo School-to-School, karena program ini turut mendukung Kementerian Kelautan dan Perikanan (PDSKP) sebagai program yang ditujukan untuk memberikan edukasi gemar ikan dan edukasi ragam produk olahan ikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya