Tips Puasa Anti Haus dan Lapar: Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini Saat Sahur!

Ilustrasi teh.
Sumber :
  • Kaboompics

JAKARTA  –  Teh manis hangat atau kopi hangat seringkali menjadi minuman yang banyak dipilih untuk disediakan saat sahur maupun berbuka puasa. Minuman ini dianggap bisa menambah energi selama berpuasa. Bahkan, saat berbuka puasa diyakini banyak orang bisa mengembalikan energi yang hilang. Tapi tahukah kalian, konsumsi teh manis atau kopi saat sahur justru malah bisa membuat kita menjadi lebih cepat haus saat menjalani ibadah puasa. Kok bisa? 

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Spesialis gizi klinik, dr. Feni Nugraha, M.Gizi, Sp.GK dalam program Hidup Sehat tvOne, Selasa 19 Maret 2024 menjelaskan bahwa di antara teh dan kopi ternyata keduanya mengandung kafein. Kafein sendiri bersifat diuretik sehingga membuat frekuensi berkemih menjadi lebih sering. 

“Kopi minuman yang mengandung kafein tinggi. Kafein ini sifatnya diuretik jadi meningkatkan frekuensi berkemih sehingga dapat meningkatkan risiko rasa haus saat puasa, meningkatkan risiko dehidrasi,” kata dia.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Selain kopi dan teh, minuman lainnya yang juga harus dihindari adalah minuman soda atau minuman berkarbonasi. Minuman ini juga diketahui mengandung kafein yang bisa membuat tubuh menjadi lebih cepat haus selama puasa. 

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Tidak hanya minuman saja, ada beberapa makanan lainnya yang juga patut dihindari saat sahur. Sebab jenis makanan ini dapat meningkatkan risiko haus lebih tinggi saat berpuasa. Jenis makanan tersebut adalah makanan terlalu asin. Sebab, ketidakseimbangan kadar natrium dalam tubuh akibat makanan asin membuat penyerapan cairan terganggu. Akibatnya, seseorang dapat merasa lebih cepat haus selama berpuasa.

Selain itu, hindari makanan terlalu pedas, makanan pedas saat sahur harus dihindari karena bisa menyebabkan sejumlah masalah pencernaan, seperti produksi asam lambung meningkat, mulas, sakit perut, hingga diare. Bila sudah mengalami diare, tubuh akan mudah mengalami dehidrasi karena kehilangan banyak cairan.

Makanan manis juga harus dihindari saat sahur lantaran dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat sehingga membuat insulin dilepas, glukosa turun di bawah batas normal, dan menyebabkan rasa haus, lelah, dan ngantuk.

Hindari juga makanan bersantan, lantaran minyak dan lemak yang terkandung di dalamnya bisa membuat tubuh lebih cepat kehilangan air dibanding menu lainnya. 

“Makanan yang pedas, asin terlalu manis atau terlalu berminyak atau bersantan saat sahur ini akan meningkatkan rasa haus saat berpuasa,” ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya