Blewah: Buah Kaya Manfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan!

Blewah.
Sumber :
  • Pexels/Cup of Couple

VIVA Lifestyle  – Blewah merupakan salah satu buah yang bergizi, manis dan lezat. Dengan 60 kalori yang dimilikinya, memakan buah blewah dapat membantu menambahkan nutrisi yang kuat dan rasa manis ke dalam tubuh sehat anda. 

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Buah yang enak dan manis ini mengandung banyak sekali nutrisi. Biasanya, buah blewah akan dicampurkan dengan aneka minuman yang semakin membuatnya terasa menyegarkan. Tak lengkap rasanya jika membuat minuman manis namun tidak ada blewah didalamnya.

Blewah.

Photo :
  • Pixabay/JillWellington
5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Menambahkan buah blewah ke dalam pola makan anda akan terasa lebih bermanfaat. Blewah adalah pilihan yang sangat baik untuk dikonsumsi. Dilansir dari Healthline pada Rabu 20 Maret 2024, berikut 7 manfaat ketika anda mengonsumsi buah blewah yang menyegarkan ini : 

1. Beta Karoten 

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Dalam hal beta karoten, blewah akan mengalahkan buah berwarna orange lainnya. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), buah blewah mengandung lebih banyak beta karoten dibandingkan dengan buah seperti aprikot, jeruk bali, jeruk, persik, jeruk keprok, nektarin, dan mangga.

Beta karoten merupakan salah satu jenis karotenoid. Karotenoid adalah pigmen yang memberi warna cerah pada buah dan sayuran. Saat dikonsumsi, beta karoten diubah menjadi vitamin A atau bertindak sebagai antioksidan kuat untuk membantu melawan radikal bebas yang menyerang sel-sel tubuh.

Sementara itu, Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata, menyehatkan sel darah merah dan menyehatkan sistem kekebalan tubuh

2. Vitamin C 

Menurut USDA, 1 buah blewah mengandung lebih dari 100% nilai harian yang direkomendasikan (DV) vitamin C. Menurut Mayo Clinic, vitamin C terlibat dalam proses produksi pembuluh darah, tulang rawan, otot, dan kolagen pada tulang. 

Diperlukan lebih banyak penelitian mengenai vitamin C untuk membuktikan efektivitasnya terhadap penyakit seperti asma, kanker, diabetes. Namun, mengonsumsi makanan kaya vitamin C dapat membantu mengurangi durasi penyakit anda.

3. Folat 

Folat juga dikenal sebagai vitamin B-9. Folat adalah istilah yang digunakan ketika muncul secara alami dalam makanan ataupun buah-buahan. Asam folat adalah istilah yang digunakan untuk melengkapi dan membentengi makanan. Folat diketahui dapat mencegah cacat lahir tabung saraf seperti spina bifida. 

Menurut penelitian American Journal of Clinical Nutrition, folat dapat melindungi terhadap kanker stadium awal dan pada orang yang kekurangan folat. Namun, vitamin B-9 dalam dosis tinggi, misalnya dari suplementasi berlebihan dapat merangsang atau memperburuk kanker stadium akhir. 

Menurut Mayo Clinic, ibu hamil dan wanita usia subur sebaiknya mengonsumsi 400 hingga 600 mikrogram folat per hari. Sedangkan, pria di atas 13 tahun sebaiknya mengonsumsi 400 mikrogram. 

4. Air 

Seperti kebanyakan buah-buahan, blewah mempunyai kandungan air yang tinggi hampir 90%. Memakan buah blewah dapat membantu anda tetap terhidrasi sepanjang hari, khususnya untuk kesehatan jantung. 

Saat anda terhidrasi, jantung anda tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah. Hidrasi yang tepat juga meningkatkan pencernaan, ginjal yang sehat,dan tekanan darah yang sehat .

Sedangkan, dehidrasi ringan dapat menyebabkan rasa pusing, sakit kepala, lebih sedikit, buang air kecil, kulit kering, mulut kering, sembelit, cepat detak jantung, kebingungan, tekanan darah rendah, kulit keriput, kehilangan kesadaran. Dehidrasi juga merupakan faktor risiko terjadinya batu ginjal. 

5. Serat 

Manfaat serat bagi kesehatan lebih dari sekadar mencegah sembelit. Pola makan tinggi serat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes, membantu menurunkan berat badan sehingga anda merasa kenyang lebih lama. 

6. Kalium 

Sepotong blewah berukuran sedang menyediakan 4% dari nilai potasium harian anda. Kalium adalah mineral elektrolit penting bagi tubuh. Menurut American Heart Association, potasium membantu menjaga keseimbangan air antara sel dan cairan tubuh. 

Kalium juga penting untuk kesehatan saraf dan kontraksi otot yang baik. Mengonsumsi buah-buahan kaya kalium seperti blewah setelah berolahraga dapat membantu mengisi kembali elektrolit yang terkuras. 

Buah blewah untuk dijual kembali di gudang buah, Pasar Induk Gadang, Malang, Jawa Timur, Senin, 6 Mei 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

7. Vitamin dan Mineral 

Satu buah blewah mengandung 1,5 gram protein. Ia juga memiliki sejumlah kecil vitamin dan mineral lainnya, termasuk Vitamin K, Niacin, Kolin, Kalsium, Magnesium, Fosfor Pilihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya