Biar Gak Lemas Puasa, Konsumsi Makanan Jenis Ini Saat Sahur

Ilustrasi lemas dan malas
Sumber :
  • Pixabay

JAKARTA –Tidak dipungkiri bahwa puasa yang dijalani selama kurang lebih 14 jam membuat tubuh kita terasa lemas. Bahkan di jam-jam tertentu seperti pukul 12 siang hingga pukul 3 sore menjadi “waktu-waktu kritis” saat berpuasa. Rasa lemas ini yang membuat kita enggan untuk melakukan apapun.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Tapi tahukah Anda rasa lemas yang terjadi saat berpuasa ini terjadi lantaran kita salah mengonsumsi makanan selama sahur. Dalam program Hidup Sehat tvOne, Selasa 19 Maret 2024, Spesialis gizi klinik, dr. Feni Nugraha, M.Gizi, Sp.GK bahwa seharusnya saat sahur masyarakat bisa konsumsi makanan yang mengenyangkan.

“Kita kan berpuasa cukup panjang sekitar 14 jam memang disarankan untuk sahur memilih makanan yang lebih mengenyangkan,” kata dia. 

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Dijelaskan lebih lanjut oleh Feni Nugraha bahwa beberapa makanan yang menyenangkan untuk dikonsumsi selama sahur adalah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oatmeal, roti gandum, kentang. 

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

“Kemudian juga jangan lupa mencukupi  kebutuhan protein ini akan mengenyangkan,” kata dia.

Dijelaskan Feni Nugraha bahwa dengan konsumsi protein saat sahur dapat membuat tubuh memproduksi hormon yang dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama. 

“Jadi memang disarankan protein dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Contohnya protein hewani ada ikan, ada daging, ada ayam. atau protein nabati seperti tahu dan tempe,” kata dia.

Selain itu, kata Feni konsumsi lemak baik seperti alpukat. Hingga jangan lupa penuhi asupan sayur-sayuran dan buah-buatan pada saat sahur. Seperti diketahui, sayur-sayuran dan buah-buatan mengandung serat yang disebut dapat membuat tubuh lebih kenyang. 

“Makanan yang mengandung serat ini memang mengenyangkan. Salah satunya contoh serat larut air ketika dikonsumsi dapat membentuk gel di lambung sehingga dapat memperlambat pengosongan lambung sehingga berikan efek kenyang lebih lama. Contoh sumber serat selama puasa sayur-sayuran, buah-buahan yang harus dikonsumsi saat sahur dan berbuka atau sumber lain seperti karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oatmeal, kentang, sumber protein juga itu serat seperti tahu tempe dan kacang-kacangan,” sambungnya.

Dengan konsumsi makanan seperti itu, diungkap oleh Feni Nugraha dapat membuat tubuh lebih bertenaga dan terhindar dari rasa lemas selama berpuasa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya