Makanan yang Harus Dihindari di Usia 40-an, Nomor Dua Paling Susah

Ilustrasi makan
Sumber :
  • Eat This

JAKARTA – Memasuki usia 40 tahun tidak sedikit dari kita memilih untuk membatasi sejumlah makanan tertentu demi menjaga kesehatan. Membatasi asupan makanan tertentu terutama ketika sudah memasuki usia 40 tahun keatas meminimalisir risiko berbagai penyakit mulai dari kolesterol, diabtes, asam urat hingga penyakit lainnya.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Namun bukan di usia 40 tahun saja, concern untuk mengonsumsi makanan sehat harus diterapkan sejak dini. Lantas jenis makanan apa saja yang perlu dibatasi ketika sudah memasuki usia 40 tahunan? Berikut ini rangkumannya seperti dikutip dari tayangan Hidup Sehat Plus TvOne, Rabu 13 Desember 2023. Scroll lebih lanjut ya.

1. Ayam Goreng Tepung

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Ilustrasi ayam goreng.

Photo :
  • Pexels/Mounir Salah

Rasa gurih dan renyah ayam goreng ini perlu dibatasi ketika sudah menginjak usia 40 tahun. Sebab asupan HCA dalam ayam bisa meningkatkan gangguan pada pankreas hingga kanker prostat pada pria.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

2. Daging Olahan

Ilustrasi sosis

Photo :
  • Pixabay/jarmoluk

Kandungan sosis dan papperoni terdapat sodium dan lemak jenuh yang tinggi yang bisa menghambat pembuluh darah. Pembuluh darah yang terhambaat diketahui bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit sindrom metabolik seperti jantung koroner, kolesterol tinggi, stroke, tekanan darah tinggi hingga diabetes. Selain itu kandungan sodium dari daging olahan juga bisa menyebabkan kulit menjadi keriput lebih cepat. Ganti daging olahan dengan ikan salmon, ikan kembung atau daging ayam  yang rendah kandungan sodium.

3. Kue

Ilustrasi kue Stormy

Photo :
  • Pixabay/pexels

Cake, cookie, atau brownie memiliki kadar gula yang tinggi dan tak baik untuk tubuh apabila dikonsusmi berlebihan. Asupan glukosa terlalu banyak terutama usia lanjut dapat menyebabkan gangguan pada sistem imunitas saluran pencernaan, mengurangi bakteri baik dalam tubuh hingga percepat keriput di wajah. 

4. Alkohol

Ilustrasi bir atau minuman beralkohol

Photo :
  • CCO

Dianjurkan orang yang sudah menginjak usia 40 tahun untuk tidak mengonsumsi alkohol sama sekali. Saat meminum alkohol metabolisme dalam tubuh tidak bekerja secara efektif. Hal ini sebabkan hilangnya masa otot dan meningkatkan kadar lemak. Sebaiknya ganti dengan susu yang mengandung kalsium.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya