Tips Memilih Perabot yang Ramah untuk Anak

Ilustrasi interior rumah.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Rumah tentu bukan sekadar tempat tinggal dan berlindung. Rumah juga tempat anak untuk tumbuh, dan juga berkembang. Di rumah anak juga diajarkan untuk mengenal lingkungan untuk pertama kali.

Bisa Ditiru, Desain Interior Hangat untuk Momen Spesial Idul Fitri

Namun, apa jadinya jika rumah dan segala pernak-pernik di dalamnya tidak ramah untuk anak. Usai peluncuran Katalog IKEA 2017, di Igor's Pastry & Cafe, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, 31 Agustus 2016, Indy Anindita, Interior Designer IKEA Indonesia, sedikit berbagi tips kepada VIVA.co.id.

"Kita kalau untuk anak-anak itu selalu meng-highlight produk-produk yang safety, jadi kita banyak produk yang mendukung itu, misalnya saja bumper untuk ujung meja," katanya. Hal ini agar anak bisa leluasa bermain tanpa harus takut terpentok ujung perabot yang keras.

Mengenal Keindahan Desain Interior Italia, Kedepankan Gaya Unik dan Klasik

IKEA yang dengan konsep perabot scandinavian design sendiri memang sangat mendukung perkembangan untuk anak. Sehingga banyak diciptakan perabot yang sangat ramah untuk anak tanpa harus mengorbankan pertumbuhannya.

Selain itu, ia juga menyarankan untuk memilih perabot jangan yang mempunyai ujung kotak. Pilihlah meja dengan ujung yang round shape atau tumpul, sehingga mengurangi risiko kecelakaan ketika anak tengah bermain. 

Saatnya Desainer Lokal Unjuk Gigi di Kompetisi Desain Interior Toko, Ada Pelatihan Gratisnya

Di samping itu, agar ruang untuk anak bermain menjadi lebih luas, ia menyarankan untuk memilih perabot yang mudah untuk dipindahkan. Misalnya saja meja dengan roda di bawahnya.

"Karena kan anak juga suka main di karpet di bawah begitu. Nah kalau coffee table gampang dipindahkan, jadi ketika mereka ingin bermain kita tinggal geser aja tidak perlu mengangkat-angkat yang berat begitu, dan bisa dikembalikan lagi kalau sudah selesai bermain,” katanya.

Untuk yang terakhir, ia juga menyarankan untuk memilih sofa dengan bahan yang mudah dibuka dan dibersihkan. Karena bukan tidak mungkin ketika anak asyik bermain, meninggalkan bekas noda, dari makanan atau minuman yang tumpah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya