Menilik Delapan Manfaat Merebus Sayuran

Ilustrasi merebus sayuran atau menu organik
Sumber :
  • Pexels/Zamani Sahudi

VIVA.co.id – Ada beberapa sayuran yang memang biasa dikonsumsi dalam kondisi mentah. Bawang, wortel,  mentimun, tomat dan kacang polong adalah beberapa sayuran yang dapat Anda konsumsi mentah. Meski begitu, sayuran juga lezat jika dimasak dan diberi bumbu.

Enggak Bisa Sembarangan, Ini 3 Aturan Bikin Salad Sehat

Tapi sebagian besar sayuran yang harus dimasak dengan cara direbus, seperti kentang dan sayuran hijau. Bukannya Anda tak boleh menggoreng atau menumisnya, namun merebus sayuran adalah cara mengolah yang paling tepat. Salah satunya karena dengan merebus sayuran mampu meminimalisasi hilangnya kandungan nutrisi di dalam sayuran akibat proses pemanasan.

Mulailah merebus sayuran Anda mulai sekarang dan ketahui beberapa manfaatnya, seperti dilansir dari laman Boldsky berikut ini.

Begini Cara Masak Sayur Agar Vitaminnya Tidak Hilang

Tekstur lebih lembut

Sayuran seperti kentang mempunyai tekstur keras dan hambar jika Anda memakannya dalam kondisi mentah. Namun, jika Anda merebusnya terlebih dahulu maka kentang akan menjadi lebih lembut dan lezat.

Masak Sayuran aja Masih Salah, Gimana Mau Sehat?

Mudah dicerna

Rebuslah sayuran agar mudah dicerna, dan  Anda bisa mengunyahnya dengan baik. Sistem pencernaan dalam tubuh kita memang tidak bisa mencerna semua sayuran mentah.

Tidak merusak kebaikan alami sayuran

Proses menggoreng membuat sayuran berubah menjadi lebih renyah dan nikmat, tapi sebagian kandungan nutrisinya hilang dan minyak yang menempel pada sayuran akibat digoreng akan membuat makan sayur tak lagi menyehatkan. Nah, merebus sayuran tidak merusak kebaikan alaminya.

Menjaga kandungan nutirisi di dalamnya

Secara ilmiah, telah terbukti bahwa sayuran memiliki segala macam kandungan mineral di dalamnya, termasuk kalsium, kalium, magnesium, besi, yodium. Dengan memakan sayuran rebus, tubuh Anda bisa mendapatkan semua mineral tanpa kehilangan satu pun kandungan nutrisi di dalamnya.

Membantu penurunan berat badan

Berat badan yang berlebihan dan obesitas adalah dua masalah fisik besar yang banyak dihadapi manusia saat ini. Mengonsumsi sayuran rebus dapat mengurangi berat badan secara signifikan.

Mencegah batu ginjal

Pembentukan batu di ginjal adalah penyakit yang sangat umum diderita orang setiap tahun. Mengonsumsi sayuran rebus akan mencegah pertumbuhan batu ginjal. Pastikan Anda mengonsumsi jumlah sayuran rebus yang cukup secara rutin untuk pengobatan alami penyakit batu ginjal.

Meningkatkan pertumbuhan rambut

Jika rambut Anda rontok, mengonsumsi sayuran rebus juga akan membantu memperkuat dan menutrisi rambut hingga ke akar-akarnya. Pertumbuhan rambut juga akan semakin baik.

Meredakan peradangan perut

Ketika Anda menderita radang perut, Anda dapat mulai mengonsumsi sayuran rebus secara rutin sehari-hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya