Pagi Tanpa Kopi, Siapa Takut?

Kopi.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA.co.id – Meskipun kopi punya banyak manfaat bagi kesehatan, tapi tidak semua orang ingin bergantung pada kopi untuk tetap terjaga dan merasa segar di pagi hari. Tapi sebagai orang yang mencoba untuk berhenti dari ketergantungan mereka pada kopi, perjuangan itu begitu sulit.

Pecinta Kopi Semakin Dimanjakan dengan Festival Unik

Nah, jika Anda ingin merasa segar setelah bangun di pagi hari dan tetap terjaga tanpa kopi, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti dilansir Glamour.

Biarkan cahaya masuk ke dalam

Hapus Penat Selepas Kerja dengan Kesegaran Es Kopi Jadoel

Membiarkan tirai terbuka ketika Anda tidur atau membukanya segera setelah Anda bangun dapat meningkatkan kadar hormon serotonin dan memberikan Vitamin D untuk memberikan energi. Demikian menurut psikiater Dion Metzger, MD. Jika kamar Anda tidak memiliki banyak jendela, menyalakan lampu juga bisa dilakukan. Anda dapat menempatkan satu buah lampu di meja Anda untuk membantu tetap terjaga di tempat kerja.

Sarapan makanan kaya protein

Tujuh Fakta tentang Kopi yang Mungkin Belum Anda Tahu

Makanan yang tinggi akan protein, seperti telur dan yoghurt, memakan waktu yang lebih lama daripada karbohidrat untuk dapat dicerna oleh tubuh. Ini artinya tubuh akan mendapatkan dorongan untuk tetap terjaga, menurut diet Rachael Link, MS, RD. Mengonsumsi karbohidrat olahan dan gula, di sisi lain, dapat menyebabkan Anda kehabisan energi.

Bergerak

Tidak semua orang dapat mengumpulkan energi untuk berolahraga di pagi hari. Padahal, tak perlu melakukan olahraga berat, peregangan ringan di tempat tidur saja bisa memompa darah dan membuat Anda bersemangat. Menurut psikoterapis Terry Matlen, ACSW, yang bekerja dengan pasien dengan masalah mental.

Membereskan hal-hal kecil

Jika kesulitan memulai sesuatu dipagi hari tanpa kopi, Anda selalu dapat memulai hari dengan membereskan furnitur Anda atau melakukan beberapa pekerjaan lainnya. Setelah Anda menyelesaikan sesuatu, segala sesuatu yang lain akan tampak sedikit lebih mudah.

Mengunyah permen karet

Studi telah menemukan bahwa orang tampil lebih baik dan merasa lebih terjaga setelah mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet benar-benar dapat membantu membuat Anda fokus.

Usap wajah dengan air dingin

Mandi dengan air dingin atau bahkan hanya mencuci wajah dengan air dingin dapat memberikan sentakan, menurut psikolog klinis Lauren Costine, Ph.D. Suhu dingin mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, yang menyebabkan kewaspadaan lebih besar. Minum air dingin juga memiliki efek yang sama.

Mainkan musik favorit

Musik melepaskan dopamin dan serotonin, yang membuat Anda merasa lebih berenergi. Untuk memulai hari, Anda dapat mengunduh aplikasi alarm musik untuk membuat Anda terbangun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya