Tren Coffee Shop, Konsumsi Kopi Orang Indonesia Meningkat

Kopi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Kopi sudah bukan lagi menjadi milik kaum tua, saat ini minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Mereka seolah ketinggalan zaman jika belum pernah menginjakkan kaki ke kedai kopi. Tren ini pun turut meningkatkan konsumsi kopi masyarakat Indonesia. 

Asupan Kopi Dalam Jumlah Sedang Mampu Turunkan Risiko Kecemasan, Ini Penjelasannya

Berkembangnya ragam jenis kopi serta menjamurnya kedai-kedai kopi turut menjadi faktor yang membuat kopi lebih dekat dengan masyarakat dan menjelma menjadi bagian dari gaya hidup modern. Data dari International Coffee Organization (ICO) mencatat, pertumbuhan rata-rata konsumsi kopi di Indonesia lebih besar daripada dunia pada umumnya. 

Tren peningkatan konsumsi kopi ini juga tercermin di kanal jual beli online. Berdasarkan data salah satu e-commerce jual beli barang, penjualan kopi di platform marketplace-nya meningkat hampir tiga kali lipat. Dari yang sebelumnya sekitar 40 ribu produk pada 2016 menjadi hampir 120 ribu produk selama 2017.

Pria Nekat Minum Kopi 1 Galon, Netizen: Gila!

Ilustrasi nongkrong di kafe/kedai kopi.

“Indonesia adalah surganya pecinta kopi, karena hampir seluruh kopi-kopi terbaik berasal dari sini, seperti kopi Luwak, Toraja, Wamena, Gayo dan lain sebagainya. Dengan misi pemerataan ekonomi secara digital, dan sebagai bentuk dukungan untuk petani di Indonesia, kami juga mengundang petani-petani kopi lainnya di seluruh pelosok Indonesia untuk dapat berjualan langsung di sini,” kata Garri Juanda, Co-head Marketplace Tokopedia melalui rilis yang diterima VIVA, Kamis, 15 Maret 2018. 

Mr P Gak Loyo Lagi, Minum Kopi Diklaim Ampuh Atasi Disfungsi Ereksi

Berdasarkan data penjualan mereka, kopi dari jenis biji kopi Arabika dan Robusta masih menjadi varian yang paling diminati oleh masyarakat selama tahun 2017. Tidak hanya itu, banyak penikmat kopi yang mulai tertarik untuk meracik kopi sendiri ala kafe.

Hal ini terlihat dari neraca penjualan di Tokopedia, di mana terdapat tiga tipe produk yang menjadi favorit masyarakat, yakni pour over hand grip, grindel manual serta elektrik, dan saringan kopi.

Khusus untuk para pecinta kopi, platform jual beli yang identik dengan warna hijau ini juga menyediakan laman khusus berupa Hot List Kopi Indonesia yang mempermudah pengguna untuk mendapatkan kebutuhan produk kopi lokal dengan lebih dari 4.000 penjual yang tersebar seluruh Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya