Asupan Kopi Dalam Jumlah Sedang Mampu Turunkan Risiko Kecemasan, Ini Penjelasannya

Ilustrasi cemas dan khawatir (Imago Images/M. Eichhammer).
Sumber :
  • dw

VIVA Lifestyle – Orang yang minum dua hingga tiga cangkir kopi per hari memiliki kemungkinan paling kecil untuk mengalami kecemasan atau depresi, dibandingkan dengan orang yang minum lebih banyak atau lebih sedikit minuman populer tersebut. 

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan, adanya berbagai manfaat kesehatan dari minum kopi dalam jumlah sedang yang perlu Anda ketahuI. Sebut saja salah satunya mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2, penyakit hati kronis, stroke, dan kanker, kata penulis penelitian.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Mereka berusaha memahami, apakah ada hubungan antara minum kopi dan depresi atau kecemasan karena kondisi kesehatan mental ini sangat umum terjadi.  Sekitar 5% orang dewasa AS sering mengalami perasaan depresi, dan hampir 13% sering mengalami perasaan khawatir, gugup, atau cemas, menurut  CDC .

Orang yang minum kurang dari dua hingga tiga cangkir kopi per hari mengalami penurunan risiko depresi dan kecemasan. Namun risiko paling rendah terjadi pada orang yang minum dua hingga tiga cangkir sehari. Untuk setiap cangkir lebih dari tiga gelas per hari, risiko kedua gangguan kesehatan mental tersebut meningkat.

Kronologi 3 Anggota Keluarga Tercebur ke Sumur, 1 Meninggal Dunia

Minum kopi

Photo :
  • vstory

Temuan ini  dipublikasikan bulan lalu di jurnal Psychiatry Research .Di mana para peneliti menganalisis data 146.566 orang dari Inggris yang menjawab pertanyaan tentang kesehatan mental dan kebiasaan minum kopi antara tahun 2006 dan 2010. 

Pada tahun 2016, peserta menjawab pertanyaan dari dua kuesioner kesehatan mental yang sering digunakan untuk mendiagnosis kecemasan dan depresi. Kuesioner tersebut dikenal sebagai  PHQ-9 dan  GAD-7 . Pertanyaannya mencakup menanyakan hal-hal seperti seberapa sering dalam dua minggu terakhir seseorang mengalami:

  • Merasa terganggu karena tidak mampu mengendalikan rasa khawatir?
  • Pernah merasa buruk terhadap diri sendiri – atau merasa gagal atau mengecewakan diri sendiri atau keluarga?
  • Punya sedikit minat atau kesenangan dalam melakukan sesuatu?

Ilustrasi cemas.

Photo :
  • Pixabay/ Geralt

Sekitar 81% peserta adalah peminum kopi, dan jumlah asupan kopi harian yang paling sering dilaporkan adalah dua hingga tiga cangkir. Usia rata-rata orang dalam penelitian ini adalah 56 tahun, dan hampir 57% adalah perempuan.

“Temuan kami mendukung rekomendasi bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat untuk mencegah dan mengelola depresi dan kecemasan pada masyarakat umum,” para penulis menyimpulkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya