Cara Sempurna Menanak Nasi dengan Rice Cooker

Ilustrasi alat menanak nasi elektronik atau rice cooker.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Sebagai makanan pokok, nasi tentu tak bisa hilang dalam menu harian Anda. Cara memasak nasi paling mudah,tentu adalah dengan menggunakan rice cooker atau mesin penanak nasi. 

Moms! Masak Jauh Lebih Efisien Kalau Punya 4 Small Cooking Appliances Ini

Meski mudah, namun beberapa orang masih kesulitan untuk mendapatkan kualitas nasi yang sempurna ketika menanak nasi. Tak jarang nasi terlalu lembek, atau bahkan terlalu keras. Seperti dilansir The Kitchen, berikut cara sempurna menanak nasi menggunakan rice cooker:

Mulailah dengan melihat pedoman

342 Ribu Rice Cooker Gratis Disebar, Didominasi Wilayah Jawa-Bali

Petunjuk di sini cukup umum untuk kebanyakan tipe penanak nasi. Meski begitu, ada baiknya untuk kembali mengecek pedoman yang didapat pada pembelian sebelum memulainya.

Kebanyakan penanak nasi menggunakan rasio beras dengan takaran satu cangkir beras, satu cangkir air. Gunakan rasio yang sama ketika memasak dengan porsi yang lebih besar. Porsi yang lebih kecil juga memungkinkan, tapi air tidak akan menyerap pada tingkat yang sama, sehingga Anda mungkin perlu melakukan beberapa kali untuk mengetahui apa yang terbaik dengan penanak nasi Anda.

Mudahkan Pekerjaan Emak-emak, 5 Alat Rumah Tangga Ini Wajib Dimiliki

Penanak nasi bisa jadi agak berbeda, bahkan antara model dari merek yang sama. Mulailah dengan rasio dasar dan teknik yan dijelaskan sebelumnya dan sesuaikan berdasarkan pengalaman Anda dengan penanak nasi pribadi Anda.

Tambahkan beras Anda dan buka

Kemuduhan penanak nasi adalah alat ini benar benar membantu meringankan pekerjaan Anda dalam menanak nasi. Setelah memasukkan nasi dan air, dan menutupnya, anda hanya tinggal memanaskan dengan suhu yang tepat. Perhatikan uap dan tekanan di dalam kompor, dan dimatikan ketika telah tanak. Kebanyakan penanak nasi memiliki tombol on/off, sehingga Anda bahkan tidak perlu memikirkan waktu memasak.

Dua faktor kunci sempurna memasak dengan penanak nasi

Pertama, bilas beras Anda di bawah air mengalir sebelum memindahkannya ke penanak nasi. Ini menyapu kelebihan pati dan membantu membuat nasi agar tidak terlalu lengket.

Kedua, biarkan sisa nasi setelah memasak selama setidaknya 10 menit tertutup sebelum disajikan. Jeda waktu ini membantu mematangkan dan menghilangkan sisa uap dan membuat nasi pulen.

Bersihkan penanak nasi Anda

Untuk membersihkan, keluarkan semua beras dan kemudian biarkan tutupnya terbuka untuk membiarkan bagian dalam mengering. Setiap sisa beras dapat dengan mudah akan tersapu dan Anda dapat membersihkan bagian dalam bersih dengan spons atau serbet.

Jika penanak nasi memiliki lapisan antilengket, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan peralatan logam atau Anda dapat menggores lapisan.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya