Ketahui Cara Tepat Menggunakan Parutan saat Memasak

Ilustrasi parutan
Sumber :
  • Pixabay/Icb

VIVA.co.id – Parutan merupakan salah satu alat yang dibutuhkan di dapur, terutama ketika ingin menghaluskan dan mengubah bentuk bahan makanan menjadi lebih mudah diolah. Parutan memiliki berbagai macam jenis dan kegunaan.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Sayangnya, beberapa orang masih keliru dan memarut makanan menggunakan parutan yang tidak sesuai.  Untuk itu, penting untuk mengetahui cara tepat menggunakan parutan.

Seperti dilansir dari The Nest, untuk hasil terbaik, gunakan gerakan naik-turun sederhana dan tahan makanan di bagian sudut. Akan lebih mudah untuk menekan makanan ke parutan, dan Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik ketika makanan mengenai lubang di sudut kanan. Anda juga sebaiknya memotong makanan terlebih dahulu menjadi potongan panjang sebelum diparut.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Berikut ini jenis-jenis parutan dan kegunaannya.

Lubang bermotif

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Gunakan sisi ini ketika Anda membutuhkan serbuk kayu manis atau ingin memarut cokelat padat.

Satu celah

Parutan ini biasa digunakan untuk makanan yang teksturnya keras, sehingga memerlukan tekanan yang lebih besar, seperti wortel, keju parmesan atau cokelat.

Lubang kecil

Lubang bulat kecil pada parutan digunakan untuk memarut jeruk, jahe, atau menghaluskan keju bertekstur keras seperti parmesan atau romano.

Lubang besar

Parutan jenis ini digunakan untuk memarut keju semi-halus seperti mozzarella. Selain itu, parutan ini juga bisa digunakan untuk memarut bawang atau sayuran seperti kentang.

Penting untuk dicatat, bahwa Anda harus berhati-hati agar jari Anda agar tidak ikut terparut. Sebaiknya gunakan pelindung atau gunakan parutan dengan baik. Beberapa jenis parutan juga memiliki pelindung jari tersendiri yang telah tersedia di dalam kemasannya saat Anda membelinya di supermarket.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya